PENGARUH MEDIA CARD TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
THE EFFECT OF CARD TABLE MEDIA ON THE ABILITY TO KNOW THE CONCEPT OF NUMBERS 1-10 IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS
Salah satu bidang pengembangan kognitif adalah mengenal konsep bilangan, berdasarkan hasil observasi awal kemampuan mengenal konsep bilangan kurang maksimal, hal ini dikarenakan minimnya media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media card table terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur. Studi literatur ini menghasilkan pembahasan mengenai pengaruh media card table terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui hasil kajian pustaka yang dikuatkan dengan beberapa jurnal ilmiah. Pembahasan menggunakan studi literatur dengan menguraikan, merangkum, menuangkan gagasan dari beberapa sumber pustaka baik berupa teori, temuan dan bahan penelitian yang relevan, menghasilkan pembahasan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 dapat distimulasi dengan media card table. Media card table ini dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kognitif terutama mengenal konsep bilangan 1-10 dengan cara bermain menggunakan media sesuai tahapan. Implikasi pada penelitian ini adalah dengan penggunaan media card table sebagai sarana media pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan konsep bilangan melalui membilang dengan menunjuk kartu 1-10, mengurutkan bilangan 1-10, dan memasangkan jumlah kartu dengan lambang bilangan.
Kata Kunci: konsep bilangan, media card table
One area of cognitive development is to recognize the concept of numbers, based on the results of initial observations the ability to recognize the concept of numbers is not optimal, this is due to the lack of learning media. The purpose of this study was to determine the effect of the card table media on the ability to recognize the concept of numbers 1-10 in children aged 4-5 years. The method used in this research is the literature study method. This literature study results in a discussion of the influence of the media card table on the ability to recognize the concepts of numbers 1-10 through the results of a literature study that is corroborated by several scientific journals. The study uses literature studies by outlining, summarizing, pouring ideas from several literature sources in the form of theories, findings and relevant research materials, resulting in a discussion that the ability to recognize the concepts of numbers 1-10 can be stimulated with the card table media. This card table media can improve and develop cognitive abilities, especially knowing the concepts of numbers 1-10 by playing using the media according to stages. The implication in this study is that the use of a card table media as a means of learning media can develop the ability of the concept of numbers through numerating by pointing cards 1-10, sorting numbers 1-10, and pairing the number of cards with symbol numbers.
Keywords : concept of numbers, card table media