ABSTRAK
Nuryati, Dwi. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning
Terhadap Kreativitas dan Kepercayaan Diri dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Peserta
Didik Kelas VIII SMPN 3 Mojokerto . Tesis, Program Studi Teknologi
Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof.
Siti Masitoh, M.Pd. dan (II) Dr. Fajar Arianto, M.Pd.
Kata kunci: project based learning, kreativitas, kepercayaan diri
Penelitian
ini mempunyai tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kreativitas, serta (2) mengetahui
pengaruh model project based learning
terhadap kepercayaan peserta didik dalam mata pelajaran seni budaya untuk kelas
VIII SMPN 3 Mojokerto. Kreativitas
pada penelitian ini dapat dilihat berdasarkan penilaian dalam membuat proyek
yaitu menggambar desain motif batik yang disesuaikan dengan tema. Kepercayaan
diri yang ingin dibangun adalah kepercayaan diri peserta didik yaitu percaya
produk diri sendiri (seni).
Desain
penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan
rancangan Posttest-Only Design . Subyek
penelitian berjumlah 60 peserta didik, terdiri dari kelas eksperimen berjumlah
30 peserta didik dan kelas kontrol sejumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data
menggunakan instrumen rubrik penilaian dan angket kepercayaan diri. Teknik analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan two-factor
ANOVA .
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) kreativitas peserta didik didasarkan pada
pembuatan proyek menggambar motif batik yang diketahui dengan perolehan hasil rata-rata
10,20. Jika dibandingkan dengan task
based learning yaitu 9,00. Pengaruh model project
based learning terhadap kreativitas peserta didik ditunjukkan melalui hasil
penilaian kreativitas proyek yang mempunyai hasil lebih baik dibandingkan dengan
model task based learning , (2) hasil
penilaian kepercayaan diri model project
based learning lebih baik dengan rata-rata 26,07 apabila dibandingkan model
task based learning 23,30. Pengaruh
model project based learning terhadap kepercayaan diri peserta didik
dapat ditinjau dari bagaimana peserta didik memperoleh hasil yang lebih baik
dalam perolehan angket kepercayaan diri dibandingkan kelompok peserta didik
yang menggunakan model task based
learning.