Konsep Diri Sahabat Pengendara ‘SyariHub’ (Studi Fenomenologi Ojek Online Muslimah Di Surabaya)
Self-Concept of Sahabat pengendara 'SyariHub' (Phenomenology Study of Muslimah Online Driver in Surabaya)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri dari sahabat pengendara yang merupakan pengendara ojek online muslimah ‘SyariHub’ di Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dari George Herbert Mead dengan teknik analisisnya berupa pengaruh mind (pikiran), self (diri) dan society (masyarakat) terhadap konsep diri seorang individu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, data diperoleh penulis melalui wawancara secara mendalam (depth interview) dengan enam sahabat pengendara yang menjadi subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelelitian ini menunjukkan bahwa ke enam informan memiliki konsep diri yang positif. Konsep diri positif yang dimiliki informan diantaranya adalah cara mereka menanggapi respon negatif dari lingkungan sosialnya mengenai pekerjaan mereka, bahwa bagi informan selama pekerjaan itu halal dan nyaman tidak akan membuat informan malu atau kurang percaya diri dalam melakukan pekerjaanya. Etika religius juga menjadi konsep diri yang positif dari para sahabat pengendara yang berupa penerapan etika melayani customer sesuai syariahislam yang dianjurkan oleh ‘SyariHub’ yang mana merupakan perusahaan yang menaungi sahabat pengendara. Selain itu para informan juga memiliki kosep diri independen dan karakteristik konsep diri positif lainnya.
Kata kunci : Konsep diri, Ojek Online Muslimah, Studi Feomenologi, ‘SyariHub’, Surabaya
The aim of this research is to understand how the self concept of ‘SyariHub’ muslimah online driver in Surabaya. This research use the symbolic interaction theory by George Herbert Mead with analysis technique which influences the mind, self, and society on each infividual's self concept. This research is phenomenology qualitative research. The data that researcher got is from depth interview with seven sahabat pengendara as the research subjects. The technique of data analysis that used are data reduction, data presentation, and conlusion. The result of this research shows that seven informants have positive self concepts such as the way how they overcome the negative response about their job. They said that as long as their job is halal and comfortable, it will not make them feel shy and not confident. Religious ethic also become a positive self concept of sahabat pengendara in the form of serving the customer based on Islamic syariah. In addition, the informants also have independent and other positive self concept characteristic.
Keywords : Self-concept, Muslimah Online Driver, Phomenology Study, ‘SyariHub’, Surabaya