PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PLC OMRON CP1E UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH INSTRUMEN DAN KENDALI DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA
THE DEVELOPMENT OF PLC OMRON CP1E PRACTICUM MODULE TO SUPPORT INSTRUMENT AND CONTROL IN THE DEPARTMENT OF MECHANICAL ENGINEERING UNESA
ABSTRAK
Nama : Emilda Dini Pratiwi
NIM : 17050524029
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Jurusan : Teknik Mesin
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd.,M.Pd.
Pesatnya perkembangan teknologi di industri semakin tinggi dan beragam. Banyak industri yang memanfaatkan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan produksi. Salah satu teknologi kontrol yang digunakan di industri adalah Programmable Logic Controller (PLC). Media pembelajaran tentang PLC dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mempelajari perkembangan teknologi kontrol di industri. Akan tetapi, untuk pembelajaran praktikum sistem kontrol menggunakan PLC OMRON CP1E belum memiliki modul praktikum yang disertai dengan langkah kerja. Sehingga, mahasiswa kesulitan dalam melakukan praktik simulasi dengan trainer PLC OMRON CP1E. Tujuan penelitian ini guna menghasilkan modul praktikum PLC OMRON CP1E yang layak, mengetahui respon dosen dan mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan, serta hambatan dan solusi dalam proses pembelajaran menggunakan modul.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Mesin yang memprogram mata kuliah Instrumen dan Kendali pada semester gasal 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan modul adalah angket pada dosen ahli materi, ahli bahasa, ahli desain serta angket respon dosen dan mahasiswa.
Hasil dari penelitian ini adalah kelayakan modul dari ahli ahli materi sebesar 3,75 termasuk kategori sangat layak, dari ahli bahasa sebesar 3,25 termasuk dalam kategori layak, dan dari ahli desain sebesar 3,45 termasuk dalam kategori sangat layak. Apabila dirata-rata mendapatkan nilai sebesar 3,48 termasuk dalam kategori sangat layak. Respon mahasiswa dan dosen terhadap penggunaan modul praktikum PLC OMRON CP1E dilihat dari aspek tampilan, aspek penyajian materi dan manfaat. Dari hasil rata-rata respon mahasiswa terhadap penggunaan modul praktikum PLC OMRON CP1E didapatkan nilai sebesar 3,72 termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian, hasil rata-rata respon dosen terhadap penggunaan modul praktikum PLC OMRON CP1E didapatkan nilai sebesar 3,36 termasuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul praktikum PLC OMRON CP1E dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang mata kuliah Instrumen dan Kendali.
Kata Kunci: Modul Praktikum, Model Pengembangan ADDIE, Kelayakan Modul, Respon.
ABSTRACT
Name : Emilda Dini Pratiwi
Student ID Number : 17050524029
Study Program : Bachelor of Education Mechanical Engineering
Department : Mechanical Engineering
Faculty : Technique
Nama Lembaga : State University of Surabaya
Supervisor : Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd.,M.Pd.
The rapid development of technology in the industry is getting higher and more diverse. Many industries use advanced technology to meet production needs. One of the control technologies used in industry is the Programmable Logic Controller (PLC). Learning media about PLC can make it easy for students to study the development of control technology in industry. However, for the control system practicum learning using PLC OMRON CP1E does not have a practicum module that is accompanied by work steps. So, students have difficulty doing simulation practice with the PLC OMRON CP1E trainer. The purpose of this research is to produce a feasible PLC OMRON CP1E practicum module, to find out the responses of lecturers and students to the developed modules, as well as obstacles and solutions in the learning process using modules.
This study uses the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this study were Mechanical Engineering students who programmed the Instrument and Control course in the odd semester of 2020/2021. The instrument used to measure the feasibility of the module was a questionnaire on material expert lecturers, linguists, design experts and a questionnaire on the responses of lecturers and students.
The result of this research is that the feasibility of the module from the material experts is 3.75 which is in the very feasible category, from the linguists of 3.25 it is in the feasible category, and from the design experts it is 3.45 which is in the very feasible category. If the average score is 3.48, it is in the very feasible category. The response of students and lecturers to the use of the PLC OMRON CP1E practicum module is seen from the aspect of appearance, aspects of material presentation and benefits. From the results of the average student response to the use of the PLC OMRON CP1E practicum module, the score was 3.72 which was included in the very good category. Then, the results of the average response of the lecturers to the use of the PLC OMRON CP1E practicum module obtained a value of 3.36, including in the very good category. Therefore, it can be concluded that the PLC OMRON CP1E practicum module can be used as teaching material to support the Instrument and Control course.
Keywords: Practicum Module, ADDIE Development Model, Module Feasibility, Response.