CARTOON AS VISUAL COMMUNICATION ALBUM COVER "YOURSELF" OF WRONGWAY BAND
Kebutuhan hiburan masyarakat khususnya musik menuntut manusia untuk berinovasi agar dapat menghasilkan sebuah karya musik yang berkarakter untuk bisa dinikmati banyak orang. Komponen penting dari promosi musik adalah rilisan album fisik maupun digital. Penelitian ini berangkat dari kebutuhan komunikasi visual untuk album kedua band Wrongway, yang berjudul Yourself. Wrongway adalah band hardcore asal Surabaya yang dibentuk pada tahun 2010. Untuk mempromosikan album kedua mereka, dibutuhkan perancangan komunikasi visual untuk menyampaikan pesan dan membentuk citra album Yourself ini. Penelitian ini menggunakan metode design thinking dengan fokus utama user. Proses perancangan ini diawali dengan melakukan interview bersama personel band Wrongway untuk mendapatkan detail mengenai representasi serta isi dari album ini, kemudian mendengarkan lagu dari album Yourself dan melalui proses analisis hingga ke proses perancangan. Sumber data yang didapat berasal dari wawancara langsung dengan personil band Wrongway, serta data sekunder dari literatur. Visualisasinya menerapkan gaya kartun dengan menggunakan warna vibrant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya komunikasi visual dengan pendekatan ilustrasi dipilih karena dapat menyampaikan pesan dari isi album ke dalam bentuk visual, sehingga diharapkan dapat membentuk citra album Yourself dan memperkuat karakter musik hardcore yang dimainkan oleh band Wrongway.
The needs of society, especially music, require humans to pursue in order to produce a musical work with character that can be enjoyed by many people. An important component of music promotion is the release of both physical and digital albums. This research departs from the need for visual communication for the band's second album Wrongway, entitled Yourself. Wrongway is a hardcore band from Surabaya which was formed in 2010. To form their second album, a visual communication design is needed to convey the message and image of this Yourself album. This research uses the design thinking method with the main focus on the user. The design process started by conducting interviews with Wrongway band personnel to get details about the representation and contents of this album, then listening to songs from the album Yourself and going through the analysis process to the design process. Sources of data obtained from direct interviews with Wrongway band personnel, as well as secondary data from the literature. The visualization applies a cartoon style using bright colors. The results showed that the communication of visual works with an illustration approach was chosen because it can convey messages from the contents of the album into visual form, so it is hoped that the album will image Yourself and strengthen the character of the hardcore music played by the band Wrongway.