ABSTRAK
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN GAYA POLA ASUH ORANG TUA BERDASAR PERMASALAHAN SISWA KELAS V SDIT INSAN KAMIL SIDOARJO
Nama : M. Mapulta Inmas
NIM : 14010014027
Jurusan : S-1 Bimbingan & Konseling
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Ari Khusumadewi, S. Pd., M. Pd.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan gaya pola asuh yang memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatuhan bagi orang tua sebagai bahan bacaan dalam mendidik dan mendampingi proses perkembangan anak kelas V sekolah dasar. Berdasar pada kasus maraknya perilaku negatif di kalangan siswa kelas V SD di Sidoarjo dan mengingat peran pentingnya keluarga dalam menangani perilaku negatif siswa tersebut Penelitian ini dilakukan di SDIT Insan Kamil Sidoarjo dengan sasaran orang tua siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Penelitian pengembangan adalah pendekatan penelitian untuk mengembangkan suatu metode dalam pembelajaran, khususnya bidang bimbingan dan konseling pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg & Gall (2008). Tahap pengumpulan data meliputi : 1. Melakukan studi kepustakaan, 2. Melakukan assesmen berupa wawancara dengan kepala sekolah SDIT Insan Kamil, guru BK SDIT Insan Kamil, dan orang tua siswa kelas V, 3. Memberikan angket permasalahan siswa kepada orang tua siswa dan guru BK SDIT Insan Kamil, 4. Obervasi perilaku siswa.
Buku panduan gaya pola asuh orang tua berdasar permasalahan siswa kelas V SDIT Insan Kamil diuji untuk melihat tingkat kelayakan. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan pengguna (orang tua dan guru BK). Hasil dari uji kelayakan meliputi : 1. Penilaian uji ahli materi adalah 85,37 %, 2. Penilaian uji ahli media adalah 85,93%, 3. Penilaian uji pengguna orang tua adalah 87,47% , dan Penilaian uji pengguna guru BK adalah 95,31%. Rata-rata penilaian tersebut adalah 88,52%. Maka disimpulkan bahwa produk masuk kedalam kategori sangat baik dan tidak perlu revisi. Sehingga buku panduan gaya pola asuh orang tua berdasar permasalahan siswa kelas V SDIT Insan Kamil telah menenuhi kriteria akseptabilitas.
Kata Kunci: Penelitian pengembangan, buku panduan, gaya pola asuh orang tua, permasalahan siswa.
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF PARENTING STYLE GUIDE BOOK BASED ON PROBLEMS OF 5th GRADE STUDENTS SDIT INSAN KAMIL SIDOARJO
Name : M. Mapulta Inmas
Regristation Number : 14010014027
Study Program : Guidance and Counseling
Department : Guidance and Counseling
Faculty : Education Faculty
Name of Institute : State University of Surabaya
Advisor : Ari Khusumadewi, M.Ed.
This research aims to produce a parenting style guide book based on the problem of 5th grade studets SDIT Insan Kamil, that covering the aspects acceptability criteria of usability, feasibility, accuracy, and compliance. This research is based on cases of rampant negative behavior among 5th grade studets elementary school students in Sidoarjo and remembers the important role of families in dealing with the negative behavior of these students. This guide book as reading material in educating and assist the developmental process of children with targets parents of 5th grade studets. This research using the method of development of Borg & Gall (2008). The stage of data collection include the following: 1. Conduct studies librarianship, 2. Do assessment in the form of interviews with principals, Guidance and Counselling teacherm and parents of the students, 3. Give a questionare of problem to parents and Guidance and Counseling teacher, 4. Observation of student behavior.
Parenting style guide book is tested to see the level of eligibility. The eligibility test conducted by content expert, media experts and users (parents and for Guidance and Counseling teacher). The result of the eligibility tests include: 1. An assessment of the expert test material was 85.37%, 2. Assessment test media expert was 85.93%, 3. Assessment test users (parents) was 87.47% Assessment test, and the user (teacher of guidance and Counselling) was 95.31%. The scoring average was 88.52%. Concluded that the products fit into the category of very good and do not need revision. So the style guide books parenting parents based problems of 5th grade students SDIT Insan Kamil reach of acceptability criteria.
Keywords: research development, guide book, parenting style, problems of students.