Factor Analysis Of Instrumental Input On The Effectiveness Of Learning Management In The Covid – 19 Pandemic Period In SMKN 1 Lengkong
Pandemi Covid – 19 memaksa semua sistem untuk berubah dan menyesuaikan dengan keadaan saat ini, begitupula dengan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien dengan merancang situasi eksternal semaksimal mungkin untuk mengaktifkan, mendukung, dan memelihara proses internal yang terdapat pada setiap peristiwa pembelajaran. Pernyataan tersebut sama artinya dengan, untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran yang efektif diperlukan manajemen pembelajaran tepat. Pembelajaran sebagai sistem terdiri dari tiga komponen yaitu, input, proses, dan output. Penelitian ini menggunakan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA), bertujuan untuk menganalisis faktor instrumental input pada keefektifan manajemen pembelajaran pada masa pandemi di SMKN 1 Lengkong, yang berfokus pada tiga variabel utama yaitu, kurikulum, pendidik, dan sarana dan prasarana. Model yang dihipotesiskan diuji menggunakan 295 sampel yang diambil dari populasi seluruh siswa SMKN 1 Lengkong secara random. Pengujian model yang dilakukan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), menunujukkan hasil yang signifikan bahwa kurikulum, pendidik, dan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap keefektifan manajemen pembelajaran pada masa pandemi. Hasil penelitian ini juga dilengkapi dengan hasil uji validitas dan reliabilitas.
The Covid - 19 pandemic forces all systems to change and adapt to the current situation, as well as learning. The objectives of learning activities can be achieve effectively and efficiently by designing external situations as much as possible to activate, support, and maintain internal processes contained in each learning proccess. Meaning, in order to carry out an effective learning process, proper learning management is needed. Learning as a system consists of three components, namely, input, process, and output. This research uses the Confirmatory Factor Analysis (CFA) method, which aims to analyze the instrumental input factors on the effectiveness of learning management during the pandemic at SMKN 1 Lengkong, which focuses on three main variables, included, curriculum, tachers, and facilities and infrastructure. The hypothesized model was tested using 295 samples taken from a random population of all SMKN 1 Lengkong students. Model testing, which was carried out using Confirmatory Factor Analysis (CFA), showed significant results that the curriculum, teachers, and facilities and infrastructure had an effect on the effectiveness of learning management during the pandemic. The results of this study are also complemented by the results of validity and reliability tests.