PENGARUH PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING MENGGUNAKAN
APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA PELAJARAN IPS KELAS VII
MATERI KEHIDUPAN PADA MASA ISLAM
THE EFFECT OF HYBRID LEARNING USING MICROSOFT TEAMS ON
ISLAMIC PERIOD CIVILIZATION OF VII GRADE SOCIAL SCIENCE
SUBJECT
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25 Surabaya di masa
pandemi dengan tujuan penelitian yaitu, mengetahui perbedaan
pembelajaran hybrid learning menggunakan aplikasi microsoft
teams terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS kelas VII materi
kehidupan pada masa islam. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe
one group pretest-posttest (tes awal tes akhir kelompok tunggal). One
group pretest-posttest design adalah kegiatan penelitian yang
memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan
(treatment), setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes
akhir (posttest). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A
yang berjumlah 36 siswa, 19 lak-laki dan 17 perempuan. Sebelum di
uji hipotesis data yang digunakan harus melalui uji prasyarat yaitu
Uji Normalitas dan Uji Homogenitas.Yang berarti data harus
berdistribusi normal maka dari itu perlu adanya uji normalitas,
berdasarkan ui normalitas shapiro wilk menggunakan SPSS versi 21
data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas
dan data bersifat homogen. Apabila data berdistribusi normal dan
homogen maka pengujian selanjutnya adalah uji hipotesis
menggunakan uji t berpasangan yaitu paired sample t test yangmenunjukkan nilai Sig.(2 tailed) senilai 0,00. Dapat disimpulkan
bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan
teams terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS materi kehidupan
pada masa islam. Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-
rata nilai sebelum perlakuan (pretest) 71.94 dengan rata-rata nilai
setelah perlakuan (posttest) 85.28 yakni berbeda sebesar 13,33.
Kata Kunci: hybrid learning, microsoft teams, IPS
This research was conducted at SMP Negeri 25 Surabaya during the
pandemic with the aim of finding out the difference between hybrid
learning learning using the Microsoft Teams application on learning
outcomes in social studies lessons for class VII material of life during
the Islamic period. This research is a quantitative research using pre-
experimental design method type one group pretest-posttest (initial
test single group end test). One group pretest-posttest design is a
research activity that provides an initial test (pretest) before being given
treatment (treatment), after being given treatment then giving a final
test (posttest). The subjects of this study were students of class VII A,
totaling 36 students, 19 male and 17 female. Before testing the
hypothesis, the data used must go through a prerequisite test, namely
the Normality Test and Homogeneity Test. Which means the data must
be normally distributed, therefore there is a need for a normality test,
based on the Shapiro Wilk normality test using SPSS version 21, the
data is normally distributed. Then the homogeneity test was carried out
and the data were homogeneous. If the data is normally distributed and
homogeneous, then the next test is hypothesis testing using paired t
test, namely paired sample t test which shows the value of Sig. (2 tailed)
worth 0.00. It can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected,
which means that there is a difference in hybrid learning using the Microsoft Teams application on learning outcomes in social studies