PHRASE ANALYSIS IN WOMEN BEAUTY ADVERTISING
Abstrak
Slogan merupakan frasa pendek atau suatu kalimat pendek yang mudah untuk diingat, digunakan untuk menjelaskan sesuatu dengan singkat dan menarik. Dalam slogan, terdapat frasa yang mampu menjadi karakteristik agar mudah diingat. Pembuatan sebuah slogan tentu saja membutuhkan kontruksi frasa yang terstruktur dengan baik agar penyampaiannya tak hanya menarik namun juga tepat. Fokus penelitian ini adalah kontruksi frasa pada slogan-slogan iklan kecantikan wanita berbahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kontruksi frasa yang terdapat dalam slogan iklan kecantikan wanita berbahasa Jerman. Teori yang digunakan untuk menganalisis frasa tersebut adalah Duden. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode Baumgrafik yang merupakan salah satu teknik dalam penganalisisan kalimat bahasa Jerman yang diperlukan untuk pemahaman terhadap struktur kalimat, kelas kata, dan jenis frasa dalam bahasa Jerman. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan Nivea dari internet/web resmi Nivea. Data yang diambil sebanyak 11 data slogan iklan kecantikan khusus wajah yang mempunyai ciri spesifik seperti frasa dari slogan iklan dengan menyesuaikan tujuan penelitian. Dari data tersebut akan disusun pengumpulan data iklan secara sistematis dengan cara mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan menjelaskan data terkait dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 iklan kecantikan wajah produk dari Nivea, terdapat 5 frasa nomina, 3 frasa preposisi, 2 frasa konjungsi dan 1 frasa adverb. Adanya kecenderungan frasa kata benda (Nominalphrase) dari beberapa slogan iklan Nivea dikarenakan, sebuah iklan akan lebih objektif dan informatif ketika menggunakan frasa nomina. Dalam Duden, Frasa nomina mampu menjadi subjek, objek, dan pelengkap. Menurut Hemmi (Janich,2010) frasa nomina (Nominalphrase) merupakan salah satu tipe frasa yang muncul dalam sebuah teks iklan.
Kata Kunci : Frasa, Iklan, Slogan, Sintaksis.
Abstract
Slogans are short phrases or short sentences that are easy to remember, used to explain something concise and interesting. In the slogan, there are phrases that can be characteristic so that they are easy to remember. Making a slogan certainly requires the construction of well-structured phrases so that the delivery is not only interesting but also appropriate. The focus of this research is the construction of phrases in slogans for German-language beauty advertisements in German. This study aims to describe how the phrase construction is contained in the slogan of German-language beauty advertisements for women in German. The theory used to analyze the phrase is Duden. The research method used for this research is the Baumgraphic method which is one of the techniques in analyzing German sentences that is needed for understanding the sentence structure, word class, and types of phrases in German. Data source in this research is Nivea advertisement from Nivea internet / official website. The data is taken as many as 11 slogans special facial beauty ad data that have specific characteristics such as phrases from advertising slogans by adjusting the research objectives. From this data a systematic advertising data collection will be arranged by classifying the data, analyzing the data, and explaining the data related to the theory used. The results showed that from 11 facial beauty advertisements of products from Nivea, there were 5 noun phrases, 3 prepositional phrases, 2 conjunction phrases and 1 adverb phrase. There is a tendency of noun phrases (Nominalphrase) from some Nivea ad slogans because, an advertisement will be more objective and informative when using noun phrases. In Duden, noun phrases are able to be subject, object, and complement. According Hemmi (Janich, 2010) noun phrase (Nominalphrase) is one type of phrase that appears in an ad text.
Keywords: Phrase, Advertisement, Slogan, Syntax.