IMPLEMENTASI KEBIJAKAN HOME LEARNING DALAM UPAYA MENANGANI COVID 19 DI SMPN 2 SARADAN KABUPATEN MADIUN
IMPLEMENTATION OF HOME LEARNING POLICY IN EFFORTS TO HANDLE COVID 19 IN SMPN 2 SARADAN MADIUN REGENCY
Pendidikan menjadi salah satu faktor penting di Indonesia. Pendidikan sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia yang diperoleh. Baru-baru ini, dunia dihebohkan dengan wabah virus yang berbahaya bagi manusia. Virus tersebut dinamakan COVID 19 yaitu infeksi yang menyerang saluran pernafasan. Pemerintah telah membuat kebijakan untuk meminimalisir dampak negative virus tersebut. Menteri Pendidikan dan Budaya (Mendikbud) Nadiem Makarim melakukan upaya dengan mengeluarkan SE Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disease (COVID 19) Pada Satuan Pendidikan. Hal itu sesuai dengan anjuran Bapak presiden untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Kebijakan Home Learning Dalam Upaya Menangani Covid 19 di SMPN 2 Saradan Kabupaten Madiun. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini mengacu pada teori George C. Edward III yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mencakup masih adanya orang tua dan peserta didik yang belum memiliki alat komunikasi dan jaringan internet yang berakibat kebijakan ini kurang efektif, masih adanya sumber daya yang kurang paham dalam hal teknologi, minimnya kejujuran peserta didik, serta tenaga pendidik telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur. Dari penjelasan diatas, penulis memberikan saran agar pihak sekolah melakukan peningkatan sosisalisai dengan strategi maupun metode yang tepat, peningkatan kualitas sumber daya agar mampu menghadapi tantangan global yang lebih sulit kedepannya, pemberian sanksi terkait peserta didik yang tidak mau mengumpulkan tugasnya ke pengajar masing-masing, orang tua selalu mengawasi anaknya dalam hal belajar maupun menghimbau agar tidak beraktifitas diluar rumah.
Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Home Learning
Education is an important factor in Indonesia. Education is very influential on the quality of human resources obtained. Recently, the world was shocked by a virus outbreak that is dangerous to humans. The virus is called COVID 19, an infection that attacks the respiratory tract. The government has made a policy to minimize the negative impact of the virus. Minister of Education and Culture (Mendikbud) Nadiem Makarim made an effort issuing notification letter Number 4 of 2020 concerning Implementation of Education in the Corona Virus Disease Emergency Period (COVID 19) at the Education Unit. This is in accordance with the advice of the President to work from home, learn from home and worship at home. The purpose of this study is to describe how the Implementation of Home Learning Policy In Efforts to Deal with Covid 19 at SMPN 2 Saradan, Madiun Regency. The writer uses descriptive qualitative research. The focus of this research refers to the theory of George C. Edward III namely communication, resources, disposition, and bureaucratic structure. Data collection techniques are done through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study include the presence of parents and students who do not yet have communication tools and internet networks that results in this policy is ineffective, there are still resources that do not understand technology, lack of honesty of students, and educators have carried out their duties in accordance with Standard Operating Procedures. From the explanation above, the authors suggest that the school make improvements to the strategy with appropriate strategies and methods, improve the quality of resources to be able to face global challenges that are more difficult going forward, giving sanctions related to students who do not want to collect their duties to their teachers, parents always supervise their children in terms of learning and encourage them not to do activities outside the home.
Keywords: Implementation, Policy, Home Learning