Comparison Of Learning Outcomes Between Discovery Learning With Inquiry Learning Reviewed Of Student Learning Independence At Vocational High School 1 Buduran Sidoarjo
Penyelenggaraan pendidikan memberikan nilai positif bagi pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena tantangan global dan persaingan antar bangsa dalam berbagai aspek kehidupan terasa semakin kompetitif.Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang menggunakan inquiry learning; menemukan perbedaan kemandirian belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang menggunakan inquiry learning; dan menemukan interaksi antara model pembelajaran discovery learning, inquiry learning dankemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, yang untuk menguji hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan menggunakan model pembelajaran discovery learningdaninquiry learning.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desainfaktorial.
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo pada Tahun 2019/2020.Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas X JB 1 dan JB 2.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes.Instrumen hasil belajar siswa.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran discovery learning lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran inquiry learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa; (2) terdapat perbedaan kemandirian belajar tinggi lebih tinggi secara signifikan dibandingkan siswa dengan kemandirian belajar rendah terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Buduran, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning, inquiry learning dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Secarakeseluruhan menunjukkan terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran, tingkat kemandirian dan interaksi antara penggunaan model pembelajaran, dan tingkat kemandirian terhadap hasil belajar siswa.
The provision of education provides a positive value for the development of the quality of Human Resources (HR), because global challenges and competition between nations in various aspects of life are increasingly competitive. This study aims to find the effect of learning models find the effect of discovery learning learning models with inquiry learning learning models to increase student learning outcomes; find the effect of student learning independence on student learning outcomes; and find interactions between discovery learning, inquiry learning and student learning independence models on student learning outcomes.
This type of research is a quasi-experimental study, which is to examine student learning outcomes in food knowledge subjects using discovery learning and inquiry learning models. The research design used in this study is factorial design.
The study was conducted at SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo in 2019/2020. As for the subjects of the study were class X students JB 1 and JB 2. Data collection techniques were carried out by observation and tests. Instrument of student learning outcomes.
This study concludes that: (1) there is a significant difference in the effect of discovery learning models compared to inquiry learning models on improving student learning outcomes; (2) there is a significantly higher difference in high learning independence compared to students with low learning independence on student learning outcomes, and (3) there is an interaction between discovery learning, inquiry learning and student learning independence towards student learning outcomes. Based on the above conclusions as a whole shows there are differences in the application of learning models, the level of independence and interaction between the use of learning models, and the level of independence of student learning outcomes.