Penelitian ini tentang Konstruksi Sosial Masyarakat Desa Jaddih Adanya Wisata Bukit Jaddih. Pariwisata sangat mempengaruhi kehidupan bagi masyarakat sekitar lokasi wisata, wisata baru disuatu daerah merubah perekonomian masyarakat sekitar karena dengan adanya wisata maka membuka lapangan pekerjaan yang baru untuk masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Bukit Kapur sehingga menjadi wisata dan untuk mengetahui perubahan ekonomi yang dialami masyarakat sekitar wisata Bukit Jaddih. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnometodeologi, subjek penelitian menggunakan purposive yaitu memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dan teknik analisis data menggunakan cara observasi langsung kelapangan dan melakukan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah Aspek ekonomi memunculkan eksternalisasi wisata Bukit Jaddih sebagai tempat untuk mencari nafkah khususnya bagi masyarakat sekitar Bukit Kapur. Konstruksi sosial muncul di masyarakat karena pemaknaan yang sama dan membentuk suatu ralitas baru bagi masyarakat, realitas baru tersebut mereka lakukan secara berulang-ulang dan muncul pandangan mereka mengenai wisata Bukit Jaddih.
This research is about Social Construction of Jaddih Village Community with Bukit Jaddih Tourism. Tourism greatly affects the lives of people around tourist sites, new tourism in an area changes the economy of the surrounding community because with tourism, it opens new jobs for the community. The study aims to determine the use of Bukit Kapur so that it becomes a tourist and to find out the economic changes experienced by the community around Bukit Jaddih tourism. The method in this study used a qualitative method with an ethnometodeology approach, the subject of the study used purposive namely selecting informants who were considered knowable and trustworthy, data collection techniques using observation and interviews and data analysis techniques using direct observation of space and conducting in-depth interviews. The results of this study are economic aspects that led to the externalization of Bukit Jaddih tourism as a place to make a living, especially for the community around Bukit Kapur. Social construction emerged in the community because of the same meaning and formed a new reality for the community, they did this new reality over and over and emerged their views on Bukit Jaddih tourism.
Keywords: Social Construction, Tourism, Economy