ABSTRAK
Nurmala, Nita . 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan
Media Video dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Kelas V SDN Bulak Rukem I No: 258 S urabaya.
Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Yatim Riyanto, M.Pd, dan (2) Dr. Rr.
Nanik Setyowati, M.Si.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Video,
Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik
pada pengajaran PPKn Tema 7 subtema 2 dengan Model Pembelajaran Berbasis
Masalah menggunakan Media Video di Kelas V Semester II SDN Bulak Rukem I No:
258 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang pelaksanaannya dilakukan 2 siklus yang terdiri atas studi
awal, plan (perencanaan), action (observasi), refleksi, revisi. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar peserta didik yang
diambil dari hasil tes pada setiap siklus, kemampuan pendidik dalam pengelolaan
pengajaran yang diambil dari lembar observasi pendidik. Sedangkan aktivitas
peserta didik dalam pengajaran diambil dari lembar observasi peserta didik.
Hasil penelitian
yang didapatkan, hasil belajar siklus I dari 39 peserta didik 21 dengan
presentase 53,8 % anak yang mencapai KKM 75. Adapun hasil belajar peserta didik
pada siklus II yaitu 32 anak mampu mencapai KKM. Dengan presentase hasil
belajar peserta didik 82 % sudah memenuhi KKM. Sedangkan pada aktivitas peserta
didik siklus I dengan presentase 70 %, pada siklus II mencapai 80 % mengalami
peningkatan.
Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan
Media Video dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik dan aktivitas peserta didik pada
pembelajaran PPKn kelas V SDN Bulak
Rukem I No: 258 Surabaya