Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk media board game materi pokok greeting and introduction pada mata pelajaran bahasa inggris untuk peserta didik kelas VII SMP Dewantara Surabaya yang layak. (2) Mengetahui keefektifan produk media board game materi pokok greeting and introduction pada mata pelajaran bahasa inggris untuk peserta didik kelas VII SMP Dewantara Surabaya.
Model pengembangan yang digunakan adalah model Reseach and Development (R&D) karena pengembangan R&D memiliki langkah-langkah yang lebih sistematis dan terperinci disetiap tahapannya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara terstruktur dan tes untuk mengetahui kelayakan media. Untuk mengetahui tingkat efektifitas menggunakan teknik analisis uji t sedangkan untuk kelayakan teknik analisis guttman.
Data kelayakan produk yang dihasilkan, ditentukan melalui analisis hasil validasi ahli materi 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli media yaitu 93,33% dimana juga termasuk dalam kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu 87,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik, ahli bahan penyerta yaitu 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba yang dilakukan baik uji coba perorangan menilai 91,11% termasuk dalam kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil menilai 83,33%, sedangkan uji kelompok besar 94,4% dan semua termasuk dalam kategori sangat baik. Dari semua penilaian dan kategori yang sudah dinilai maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan media board game materi pokok greeting and introduction mata pelajaran bahasa inggris kelas VII SMP Dewantara Surabaya layak untuk digunakan oleh peserta didik.
dan ahli media serta uji coba produk perorangan, kelompok kecil, hingga kelompok besar mendapatkan kategori yang sangat baik, sehingga media board game layak untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa inggris materi pokok greeting and introduction dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan hasil analisis data uji t dan peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil rata-rata uji coba post-test yaitu 83,52 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata pre-test yaitu 56,17. Melalui perhitungan uji t diketahui hasil thitung sebesar 15,337. Selain itu, berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% db = 34-1 = 33 diperoleh ttabel = 2,034. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 15,337 > 2,034. Sehingga terjadi perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test dan dapat disimpulkan bahwa media board game efektif digunakan pada materi pokok greeting and introduction mata pelajaran bahasa inggris peserta didik kelas VII SMP Dewantara Surabaya.
Kata kunci : Pengembangan, Media board game, bahasa inggris, Materi pokok greeting and introduction.
The purpose of this study is (1) Producing board game media products as the subject matter of greeting and introduction in English subjects for grade VII students of Dewantara Junior High School Surabaya. (2) Knowing the effectiveness of board game media products, the subject matter of greeting and introduction in English subjects for grade VII students of Dewantara Middle School, Surabaya.
The development model used is the Reseach and Development (R&D) model because R&D development has more systematic and detailed steps at each stage. Data analysis techniques in this study used questionnaires, structured interviews and tests to determine the feasibility of the media. To determine the level of effectiveness using t test analysis techniques while for the feasibility of Guttman analysis techniques.
The product feasibility data produced, determined through the analysis of the results of the validation of material experts 100% included in the very good category, media experts that is 93.33% which is also included in the very good category, learning design experts that are 87.5% which is included in the very category good, expert accompanying material that is 95% which is included in the excellent category. Trials conducted both individual trials rated 91.11% included in the very good category, small group trials valued 83.33%, while large group trials were 94.4% and all included in the excellent category. From all the assessments and categories that have been assessed, it can be concluded that the development of media board game subject matter of greeting and introduction of English subjects VII grade Dewantara Junior High School Surabaya is suitable for use by students.
While the results of t-test data analysis and researchers can conclude that the average results of the post-test trial is 83.52 higher than the pre-test average results of 56.17. Through t-test calculations it is known that the result of tcount is 15,337. In addition, based on testing using a significant level of 5% db = 34-1 = 33 obtained table = 2.034. So the researcher can conclude that tcount is greater than ttable, that is 15.333> 2.034. So that there is a significant difference between pre-test and post- test and it can be concluded that the media board game is effectively used in the subject matter of greeting and introduction of English subjects for grade VII students of Dewantara Middle School Surabaya.
Keywords: Development, Media board game, English, subject matter of greeting and introduction.