PENGGUNAAN GAME INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DISLEKSIA
Membaca bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus yaitu menambah pengetahuan, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta melatih kemampuan analisa. Anak disleksia mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca permulaan, khususnya pada kata dengan pola KV-KVK. Anak sering menambahkan, menghilangkan, tertukar, atau mengganti huruf dalam kata-kata. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai study literature ilmiah yang berkaitan dengan penggunaan game interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review dengan model PRISMA. Menganalisis data mengikuti prosedur PRISMA dengan pencarian literature di Scopus, Science Direct, dan Google Scholar dengan kriteria artikel atau literature yang terkait dengan topik pembahasan yang menhasilkan tujuh belas artikel. Hasil dari menganalisis artikel ini menunjukkan bahwa penggunaan game interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia, menambah motivasi belajar, meningkatkan pemrosesan visual, pemrosesan fonologis anak disleksia. Implikasi penelitian literature review yaitu penggunaan game interaktif berkontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak disleksia, serta bisa digunakan untuk anak berkebutuhan khusus lainnya, anak usia dini, dan bisa dimanfaatkan guru sebagai strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang lebih interaktif.
Kata Kunci : disleksia, membaca permulaan, game interaktif
Reading is beneficial for children with special needs, namely increasing knowledge, improving concentration and memory, and training analytical skills. Dyslexic children experience difficulties in early reading skills, especially in words with the KV-KVK pattern. Children often add, remove, swap, or replace letters in words. The aim of this research is to analyze various scientific literature studies relating to the use of interactive games to improve the early reading abilities of dyslexic children. The method used in this research is a literature review using the PRISMA model. Analyzing the data followed the PRISMA procedure with a literature search on Scopus, Science Direct, and Google Scholar with the criteria of articles or literature related to the topic of discussion which produced seventeen articles. The results of analyzing this article show that the use of interactive games can be used to improve the early reading skills of dyslexic children, increase learning motivation, improve visual processing, and phonological processing of dyslexic children. The implication of the literature review research is that the use of interactive games contributes significantly to improving the early reading abilities of dyslexic children, and can be used for children with other special needs, early childhood, and can be used by teachers as a learning strategy and more interactive learning media.
Keywords: dyslexia, early reading, interactive games