Pengaruh Model Case Based Learning Menggunakan Cisco Packet Tracer Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Internet Di SMAK Untung Suropati Krian Sidoarjo
Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan siswa dalam memahami sebuah masalah dan menemukan penyelesaian dengan strategi atau metode yang bervariasi atau divergen. Kemandirian belajar merupakan salah satu aspek afektif yang penting dalam proses pembelajaran yaitu adanya dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas belajar dengan penuh keyakinan dan percaya diri akan kemampuanya dalam menuntaskan aktivitas belajarnya. Diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa salah satunya yaitu model pembelajaran case based learning menggunakan cisco packet tracer. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model case based learning menggunakan cisco packet tracer terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi jaringan internet di SMAK Untung Suropati Krian Sidoarjo. (2) Mengetahui pengaruh model case based learning menggunakan cisco packet tracer terhadap kemandirian belajar siswa pada materi jaringan internet di SMAK Untung Suropati Krian Sidoarjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi-eksperimen, dengan model nonequivalent pretest posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 64 siswa kelas XI Di SMAK Untung Suropati Krian Sidoarjo pada tahun pelajaran 2023/2024. Kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dengan model case based learning menggunakan cisco packet tracer, dan Kelas XI-2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian diteliti berdasarkan kemampuan awal dan kemampuan akhir setelah proses pembelajaran dilakukan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa pada materi jaringan internet. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes dengan indikator untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan instrumen lembar angket dengan indikator kemandirian belajar untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Data dikumpulkan sebanyak dua kali melalui pre-test dan post-test. Pengolahan dan analisis data menggunakan Independent Sample T-Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal secara statistik, data homogen secara statistik, dan hasil uji hipotesis kedua data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model case based learning menggunakan cisco packet tracer berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa pada materi jaringan internet di SMAK Untung Suropati Krian Siadoarjo.
Creative thinking ability is a student's ability to understand a problem and find a solution with varied or divergent strategies or methods. Learning independence is one of the important affective aspects in the learning process, namely the encouragement within a person to carry out learning activities with full confidence and confidence in their ability to complete their learning activities. A learning model is needed that can improve students' creative thinking abilities and learning independence, one of which is a case based learning model using Cisco Packet Tracer. This research aims to (1) determine the effect of the case based learning model using Cisco Packet Tracer on students' creative thinking abilities on internet network material at SMAK Untung Suropati Krian Sidoarjo. (2) Knowing the effect of the case based learning model using Cisco Packet Tracer on student learning independence on internet network material at SMAK Untung Suropati Krian Sidoarjo. The type of research carried out was quantitative research using a quasi-experimental method, with a nonequivalent pretest posttest group design model. The subjects in this research were 64 class XI students at SMAK Untung Suropati Krian Sidoarjo in the 2023/2024 academic year. Class XI-1 is an experimental class with a case based learning model using Cisco Packet Tracer, and Class XI-2 is a control class with conventional learning. The research subjects were examined based on initial abilities and final abilities after the learning process was carried out on students' creative thinking abilities and independent learning on internet network materials. The instruments used were test sheets with indicators to measure creative thinking abilities and questionnaire sheet instruments with learning independence indicators to measure students' learning independence. Data was collected twice through pre-test and post-test. Data processing and analysis uses Independent Sample T-Test. The research results show that both data are statistically normally distributed, the data are statistically homogeneous, and the results of hypothesis testing for both data show a significant influence. The research results that the case based learning model using cisco packet tracer has an effect on students' creative thinking abilities and independent learning on internet network material at SMAK Untung Suropati Krian Siadoarjo.