THE EFFECT OF ECONOMIC LITERATURE AND DIGITAL LITERATURE ON LEARNING ACHIEVEMENT IN ECONOMIC SUBJECTS OF STUDENTS OF CLASS X-E3 SMA NEGERI 3 SIDOARJO IN THE COVID-19 PANDEMIC
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi diperoleh hasil bahwa siswa masih memiliki tingkat literasi ekonomi yang rendah serta kurangnya pemahaman tentang literasi digital pada siswa kelas X-E3 di SMAN 3 Sidoarjo. Di era pandemi yang seperti sekarang menuntut peserta didik untuk dapat memahami literasi ekonomi serta literasi digital agar menujang suatu proses pembelajaran. Rendahnya prestasi belajar pada siswa kelas X-E3 SMAN 3 Sidoarjo menjadi alasan untuk dilakukannya sebuah penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan cara pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Dari hasil pengumpulan data tersebut akan diolah dengan menggunakan teknik analisis program statistik menggunakan software SPPS. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar mengetahui 1) Adanya pengaruh literasi ekonomi pada prestasi belajar. 2) Pengaruh literasi digital terhadap prestasi belajar siswa. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa memiliki pengaruh yang signifikansi antara literasi ekonomi pada prestasi belajar siswa serta tak memiliki pengaruh yang signifikansi diantara literasi digital pada prestasi belajar siswa. Solusi yang diberikan terhadap penelitian ini agar lebih kembali mempelajari literasi ekonomi maupun ilmu terkait konsep dasar ekonomi serta mempelajari dan memahami tentang literasi digital karena akan sangat penting untuk digunakan dimasa sekarang dan dimasa mendatang.