ABSTRAK
Hasmawati, Ratna. 2016. Pengaruh Permainan Eksploratif Bermain Air terhadap Perkembangan Kemampuan Sains dan Kreativitas Anak TK Kelompok B di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. (II) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd.
Kata Kunci: Permainan Eksploratif Bermain Air, Kemampuan Sains, Kreativitas
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh permainan eksploratif bermain air terhadap kemampuan sains anak, (2) pengaruh permainan eksploratif bermain air terhadap kreativitas anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis Quasi Eksperimental dengan pendekatan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di TK Yapita, TK Sepuluh Nopember dan TK Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya pada anak kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows Evaluation Version.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh permainan eksploratif bemain air terhadap kemampuan sains anak, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 191.058 yang lebih besar dari Ftabel 3.92, dengan nilai sig. 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, (2) pengaruh permainan eksploratif bemain air terhadap kreativitas anak, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 141.314 yang lebih besar dari Ftabel 3.92 dengan nilai sig. 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui: (1) Ada pengaruh permainan eksploratif bemain air terhadap kemampuan sains anak kelompok B, (2) Ada pengaruh permainan eksploratif bemain air terhadap kreativitas anak kelompok B. Dengan demikian kegiatan permainan eksploratif bermain air dapat digunakan untuk anak usia 5-6 tahun untuk menstimulus kemampuan sains dan kreativitas anak.
ABSTRACT
Hasmawati, Ratna. 2016. The Influence of The Water Playing Exploratory Game for The group B Kindergarten to Science Skill and Creativity at Sukolilo Surabaya. Thesis. Study Program of Basic Education that Concentrated to Early Childhood Education, Postgraduate Program in State University of Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. (II) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd.
Keywords: Water Playing Exploratory Game , Science Ability, Creativity
Aims of this research is to determine (1) the influence of the water playing exploratory game on the science skill , (2) the influence of the water playing exploratory game on the creativity skill .
This research is using quantity approach, by using Quasi Experimental with Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design which involving two different groups those are experimental group and control group. This research is being held at TK Yapita, TK Sepuluh Nopember and TK Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya for group B children. For data collection technique this research is using observation and documentation. Every obtained data will be analyzed by using ANOVA test with support of SPSS 22.0 for Windows Evaluation Version.
The results shows that (1) the influence of the water playing exploratory game for the children science skill, and has been improved by using ANOVA test that shows the value Fcount as big as 191.058 which is greater than Ftable 3.92, with the value sig. 0,000 which smaller than 0,05, (2) the influence of the water playing exploratory game for the children creativity skill, and has been improved by using ANOVA test that shows the value Fcount as big as 141.314 which is greater than Ftable 3.92 with the value sig. 0,000 which smaller than 0,05.
Based on research results we know that: (1) there is the influence of the water playing exploratory game for the children science skill in group B, (2) there is the influence of the water playing exploratory game for the children creativity skill in group B. Therefore any activities of Water Playing Exploratory Game can be used for children between 5-6 years old to stimulate their science and creativity