Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sinematografi Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X DKV SMK Negeri 3 Surabaya
Development Of Interactive Multimedia Cinematography Material For The Subject Of Fundamentals Of Visual Communication Design Class X DKV SMK Negeri 3 Surabaya
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif materi Sinematografi mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual untuk kelas X DKV SMK Negeri 3 Surabaya dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.
Kelayakan media diukur dari hasil data validasi oleh ahli dan uji coba pada peserta didik menggunakan pengukuran skala likert. Sedangkan keefektifan media diukur dari hasil uji t yang dari hasil pre-test dan post-test peserta didik. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli dan hasil uji coba yang dilakukan oleh peserta didik mendapatkan hasil sangat baik. Sehingga multimedia interaktif dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Pada uji validitas dan reliabilitas butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Pada uji normalitas dan uji homogenitas hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil uji T memperoleh mendapat nilai sig. 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada post-test dan pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 84,29 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 65,00. Kesimpulan dari hasil yang didapatkan penelitian ini menunjukkan hasil multimedia interaktif materi sinematografi layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas X DKV di SMK Negeri 3 Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, ADDIE, Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual, Sinematografi
The aim of this development research is to determine the feasibility and effectiveness of interactive multimedia on Cinematography material for Visual Communication Design Basics for class X DKV SMK Negeri 3 Surabaya using the ADDIE development model.
Media feasibility is measured from the results of validation data by experts and trials on students using Likert scale measurements. While the effectiveness of the media is measured by the results of the t test from the pre-test and post-test results of students. The results of validation conducted by experts and the results of trials conducted by students get very good results. So that interactive multimedia is said to be feasible to use in the learning process. In the validity and reliability tests, the items were declared valid and reliable. In the normality test and homogeneity test, the calculation results show that the data is normally distributed and homogeneous. The T test results obtained a sig value. 0.00 <0.05 which means there is a significant difference in the post-test and pre-test of the experimental class and control class. The difference in the average value of the experimental class was 84.29 and the average value of the control class was 65.00. The conclusion from the results obtained by this study shows the results of interactive multimedia cinematography material are feasible to be applied in learning activities and effective in increasing the understanding of class X DKV students at SMK Negeri 3 Surabaya.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, ADDIE, Fundamentals of Visual Communication Design, Cinematography