Sepakbola merupakan salah satu permainan bola besar yang paling populer di seluruh dunia. Permainan ini mudah untuk dimainkan karena hanya membutuhkan bola dan gawang sehingga sangat digemari oleh seluruh kalangan. Pada pembelajaran PJOK di sekolah tentunya terdapat materi tentang keterampilan sepakbola salah satunya adalah passing. Pembelajaran passing menggunakan media pembelajaran yang bisa untuk meningkatkan minat belajar para siswa, pembelajaran tersebut dapat ditingkatkan dengan multimedia interaktif. Media ini memiliki animasi, gambar, video, teks yang digabung menjadi satu sehingga membuat siswa tertarik dengan pembelajaran. Penelitian ini sangat penting digunakan dalam pembelajaran, karena bisa meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil skripsi tentang (1) pengaruh penerapan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa dan (2) peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif. Sampel dari siswa kelas VIII H sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Design penelitian yang digunakan yaitu one grup pretest-postest design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa kelas VIII H di SMP Negeri 30 Surabaya ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05, dan terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas VIII H di SMP Negeri 30 Surabaya dengan multimedia interkatif sebesar 7,453% setelah diberikan treatment.
Football is one of the most popular big ball games around the world. This game is easy to play because it only requires a ball and a goal, so it is very popular with all groups. In PJOK learning at school, of course, there is material about soccer skills, one of which is passing. Passing learning uses learning media that can increase students' interest in learning, such learning can be enhanced with interactive multimedia. This media has animations, images, videos, texts that are combined into one so that it makes students interested in learning. This research is very important to use in learning, because it can increase students' interest in learning. This study aims to obtain the results of a thesis about (1) the effect of applying interactive multimedia on students' learning interest and (2) increasing student interest in learning by using interactive multimedia. The sample of class VIII H students is 30 students. The research method used is pre-experimental design with a quantitative descriptive approach. The research design used was one group pretest-posttest design. Data collection was carried out using observation, interview, and questionnaire techniques. The results showed that there was an effect of the application of interactive multimedia on the learning interest of students in class VIII H at SMP Negeri 30 Surabaya with a significance value of 0.025 <0.05, and there was an increase in the learning interest of class VIII H students at SMP Negeri 30 Surabaya with interactive multimedia of 7.453 % after being given treatment.