Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Dengan Teknik Scribble Art Di SMP Negeri 2 Gresik
Learning to Draw Illustrations Using Scribble Art Techniques at SMP Negeri 2 Gresik
Menggambar ilustrasi yaitu sebuah visualisasi atau kegiatan yang bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi. Menggambar ilustrasi pertama diberikan pada kelas VIII di jenjang SMP. Ada beberapa macam teknik dalam menggambar ilustrasi salah satunya adalah menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art menggunakan pensil warna. SMP Negeri 2 Gresik menjadi target penelitian menggunakan teknik ini. Teknik yang tergolong baru dan jarang digunakan, bahkan di SMP Negeri 2 Gresik masih belum pernah menggunakan teknik tersebut. Scribble art merupakan teknik menggambar dengan cara mencoret-coret pada arsirannya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art di SMP Negeri 2 Gresik. 2) Mendeskripsikan hasil karya menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art di SMP Negeri 2 Gresik. 3) Mendeskripsikan tanggapan siswa dan guru terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art di SMP Negeri 2 Gresik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data diperoleh dari guru seni budaya dan siswa kelas VIII-E SMP Negeri 2 Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket/kuisioner, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, keterlaksanaan pembelajaran, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data.
Pembelajaran menggambar ilustrasi teknik scribble art dengan bertemakan flora dan fauna dimulai dengan menyiapkan alat dan bahan, membuat sketsa, kemudian masuk dalam tahap pewarnaan dan finishing. Pembelajaran ini menggunakan kertas A4 dan pensil warna classic yang ditujukan pada kelas VIII-E. Berdasarkan kriteria penilaian hasil karya peserta didik dengan kesesuaian tema, gradasi, komposisi, dan proporsi maka di dapat siswa yang mendapat nilai sangat kurang berjumlah 6,66%, kurang berjumlah16,66%, cukup berjumlah33,3%,baik berjumlah 36,66%, dan siswa yang mendapat nilai sangat baik berjumlah 6,66%. Berdasarkan respon guru, bahwa pembelajaran menggunakan teknik ini sangatlah baik karena mengajak siswa untuk belajar dan berkenalan dengan teknik yang belum pernah digunakan pada kegiatan belajar menggambar dan tergolong teknik yang unik dengan hasil yang memuaskan. Respon siswa melalui angket yaitu peserta didik mengungkapkan bahwa pembelajaran menggambar menggunakan teknik scribble art ini sangatlah mudah untuk dipelajari dan dipahami meskipun tergolong masih awam bagi mereka sehingga dapat memberikan pengalaman baru dan menambah wawasan serta minat siswa untuk mempelajari seni rupa.
Kata Kunci: Ilustrasi, Teknik Scribble, Pembelajaran Menggambar, Seni Rupa.
Drawing illustrations is a visualization or activity that aims to clarify story or narrative ideas. The first illustration drawing was given in class VIII at junior high school level. There are several kinds of techniques for drawing illustrations, one of which is drawing illustrations using the scribble art technique using colored pencils. SMP Negeri 2 Gresik was the target of research using this technique. This technique is relatively new and rarely used, even at SMP Negeri 2 Gresik they have never used this technique. Scribble art is a drawing technique by scribbling on the shading.
Based on this background, this research aims to: 1) Describe the process of learning to draw illustrations using scribble art techniques at SMP Negeri 2 Gresik. 2) Describe the results of the work of drawing illustrations using scribble art techniques at SMP Negeri 2 Gresik. 3) Describe students' and teachers' responses to learning to draw illustrations using scribble art techniques at SMP Negeri 2 Gresik.
This research uses qualitative research, data sources were obtained from arts and culture teachers and students in class VIII-E of SMP Negeri 2 Gresik. Data collection techniques use observation, interviews, tests, questionnaires, and documentation. To analyze data, namely by collecting data, reducing data, presenting data, implementing learning, drawing conclusions, and triangulating data.
Learning to draw scribble art technique illustrations with a flora and fauna theme begins with preparing tools and materials, making a sketch, then entering the coloring and finishing stage. This lesson uses A4 paper and classic colored pencils aimed at class VIII-E. Based on the criteria for assessing students' work with suitability of theme, gradation, composition and proportion, it was found that students who scored very poor were 6.66%, less were 16.66%, fair were 33.3%, good were 36, 66%, and students who got excellent grades were 6.66%. Based on the teacher's response, learning using this technique is very good because it invites students to learn and become acquainted with techniques that have never been used in drawing learning activities and are classified as unique techniques with satisfactory results. The students' responses through the questionnaire were that students revealed that learning to draw using the scribble art technique was very easy to learn and understand, even though it was still relatively unfamiliar to them, so it could provide new experiences and increase students' insight and interest in studying fine arts.
Keywords: Illustration, Scribble Technique, Learning to Draw, Fine Arts.