PROMOTIONAL MEDIA DESIGN FOR HOME INDUSTRY BATIK CEMPAKA MOJOKERTO
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi Batik Cempaka dalam hal pemasaran dan promosi produk, yang masih terbatas pada pemasaran dari mulut ke mulut dan partisipasi dalam pameran lokal. Keterbatasan ini menyebabkan kurangnya eksposur terhadap produk batik yang dihasilkan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan konsep, proses, dan penerapan hasil perancangan media promosi yang efektif bagi Home Industry Batik Cempaka Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan model 4D yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap proses desain (Develop), tahap penerapan (Disseminate). Analisis data menggunakan Existing, yakni memanfaatkan data yang telah ada untuk memahami strategi promosi yang efektif, preferensi pelanggan, dan performa pasar.
Konsep perancangan media promosi untuk Home Industry Batik Cempaka Mojokerto merancangan media promosi yang efektif dan kreatif bagi Batik Cempaka, dengan menggunakan elemen budaya Majapahit seperti unsur ikon stilasi surya Majapahit, stilasi bunga cempaka, candi wringin lawang, rumah Majapahit, ornamen-ornamen khas Majapahit, dan daun buah maja. Penelitian ini menerapkan strategi media yang beragam dan terintegrasi seperti, kartu nama, brosur/katalog, kemasan, infografis roll banner, merchandes (mug, paper bag, dan stiker label).
Proses perancangan media promosi dimulai dari pengumpulan referensi visual, hingga tahap sketsa awal (Thumbnail) proses perancangan sketsa visual secara manual untuk referensi pembuatan desain yang digunakan, perancangan (Tightissue) tahap ini fokus pada penyempurnaan komposisi, tata letak, dan elemen desain, kemudian hasil akhir (Final) desain sempurna yang digunakan penerapan pada media promosi.
Hasil perancangan menerapkan desain (Final) pada media promosi kartu nama, brosur/katalog, kemasan, infografis roll banner, merchandes (mug, paper bag, dan stiker label). Media promosi menunjukkan bahwa penggunaan elemen budaya Majapahit dan pendekatan desain yang konsisten telah berhasil menciptakan media promosi yang memperkuat branding Batik Cempaka, tetapi juga mampu mengkomunikasikan nilai-nilai budaya dan keunikan Batik Cempaka kepada konsumen, sehingga meningkatkan daya saing di industri batik.
Kata Kunci : Perancangan, Media, Promosi, Home Industry, Batik.
This research is motivated by the challenges faced by Batik Cempaka in terms of product marketing and promotion, which is still limited to word-of-mouth marketing and participation in local exhibitions. This limitation causes a lack of exposure to the batik products produced.
The purpose of this research is to find out and describe the concept, process, and application of the results of designing effective promotional media for the Home Industry Batik Cempaka Mojokerto.
This study uses a Descriptive Qualitative method with a 4D model, namely the define stage, the design stage, the design process stage, and the application stage (Disseminate). Data analysis uses Existing, which is to use existing data to understand effective promotion strategies, customer preferences, and market performance.
The concept of designing promotional media for Home Industry Batik Cempaka Mojokerto designs effective and creative promotional media for Batik Cempaka, by using Majapahit cultural elements such as Majapahit solar distillation icon elements, cempaka flower stylization, Wringin Lawang temple, Majapahit houses, Majapahit ornaments, and maja fruit leaves. This research implements a diverse and integrated media strategy such as business cards, brochures/catalogs, packaging, infographics, roll banners, merchandes (mugs, paper bags, and label stickers).
The process of designing promotional media starts from the collection of visual references, to the initial sketch stage (Thumbnail) of the process of designing visual sketches manually for the reference of making the design used, the design (Tightissue) of this stage focuses on improving the composition, layout, and design elements, then the final result (Final) the perfect design used for application in promotional media.
The design results apply the design (Final) to business card promotional media, brochures/catalogs, packaging, infographics, roll banners, merchandes (mugs, paper bags, and label stickers). Promotional media shows that the use of Majapahit cultural elements and a consistent design approach has succeeded in creating promotional media that strengthens the branding of Batik Cempaka, but is also able to communicate the cultural values and uniqueness of Batik Cempaka to consumers, thereby increasing competitiveness in the batik industry.
Keywords: Design, Media, Promotion, Home Industry, Batik.