Nama : Risda
Fentiana
NIM :
15010024023
Program
Studi :
TeknologiPendidikan
Jurusan : Kurikulum danTeknologiPendidikan
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama
Lembaga : Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing : Alim Sumarno, S,Pd.,
M.Pd
Penelitian ini
berdasarkan data analisis permasalahan yang terdapat pada kegiatan
pembelajaran di SMPN 1 Padangan Bojonegoro yaitu terbatasnya media pembelajaran
serta rendahnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran IPS materi pola dan
bentuk muka bumi . Sehingga , peneliti
melakukan penelitian dengan mengembangan Media CAI mata pelajaran IPS materi pola dan bentuk
muka bumi untuk siswa kelas IX di SMPN 1 Padangan Bojonegoro.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menguji
kelayakan media CAI pada materi Pola dan Bentuk Muka Bumi kelas mata pelajaran
IPS kelas IX SMP Negeri 1 Padangan
Bojonegoro. (2) Menguji efektifitas media CAI pada materi Pola dan Bentuk Muka
Bumi kelas mata pelajaran IPS kelas IX
SMP Negeri 1 Padangan Bojonegoro.
Model pengembangan
yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE . Untuk membuat media, terlebih dahulu
melakukan validasi kepada 1 ahli materi dan 2 ahli media. Pengumpulan data
dilakukan dengan melakukan wawancara kepada ahli materi dan ahli media, serta
subyek uji coba media CAI kepada 3 orang dari uji coba perorangan, 4 orang dari
uji coba kelompok kecil untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan media CAI
sebelum di uji cobakan kepada 32 peserta didik di SMPN 1 Padangan Bojonegoro.
Berdasarkan
analisis data wawancara ahli materi diperoleh perhitungan senilai 81%, dan ahli
media perhitungan senilai 95%. Sedangkan hasil angket uji coba produk kepada
peserta didik kelas IX dengan hasil persentase uji coba perorangan sebesar 92%,
kemudian hasil uji coba kelompok kecil persentase sebesar 95%, dan hasil
presentase uji kelompok besar 95,31%. Dapat disimpulkan bahwa Media CAI materi
pola dan bentuk muka bumi layak digunakan dalam pembelajaran di SMPN 1 Padangan
Bojonegoro. Dengan data analisis hasil test pembelajaran menggunakan media CAI
terdapat perbedaan yang sangat signifikan dengan pembelajaran yang tidak
menggunakan media CAI. Data tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai
dari t hitung = 10,404 dan dikorelasikan dengan t tabel
dengan taraf signifikansi 5% dari derajat pembagi (db) = (N1 + N2 )
– 2 maka dapat dikatakan df (32 + 31) – 2 = 61. Berdasarkan tabel t, df 61
mendapatkan t tabel = 1,999. Karena t hitung > t tabel ,
dengan nilai 10,404> 1,999. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media CAI yang
dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SMPN 1
Padangan Bojonegoro materi pola dan bentuk muka bumi.
Kata Kunci : Pengembangan, Media CAI, Ilmu Pengetahuan
Sosial, Pola dan Bentuk Muka Bumi.