PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA
THE DEVELOPMENT OF GUIDE INQUIRY MODEL PHYSICS LEARNING PACKAGE TO TRAIN STUDENT'S SCIENCE PROCESS SKILL OF SENIOR HIGH SCHOOL
ABSTRAK
Jehadan, Hermesianus. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. Tesis, Universitas Negeri Surabaya, Program Studi S2 Pendidik Sains. Pembimbing; (I). Prof. Dr. Mohamad Nur, dan (II) Drs. Z.A. Imam Supardi, M.Si., Ph.D.
Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik SMA pada materi optika geometri, yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) yang diujicobakan di kelas XI IPA SMAN 1 Welak pada semester genap 2019/2020 dengan rancangan pengambilan data uji coba one grup pre-test post-test design. Metode pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, tes, dan pengisian angket. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran. Skor ketuntasan hasil belajar peserta didik aspek afektif mendapatkan predikat sangat baik, aspek kognitif produk, aspek kognitif keterampilan proses sains dan aspek psikomotor mendapatkan ketuntasan klasikal 100%. Hasil belajar kognitif produk mengalami peningkatan pada uji coba I dengan skor N-gain 0,79 dengan kategori tinggi dan pada uji coba II memperoleh skor N-gain 0.90, sedangkan peningkatan hasil belajar kognitif keterampilan proses sains ditunjukkan oleh skor N-gain 0,90 dengan kategori tinggi pada uji coba I dan skor N-gain 0.95 pada uji coba II dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik.
ABSTRACT
Jehadan, Hermesianus. 2020. The Development of Guide Inquiry Model Physics Learning Package to Facilitate Stundent’s Science Process Skills of Senior High School. Thesis. Science Education Study Program, Graduate Program, State University of Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Mohamad Nur, and (II) Drs. Z.A. Imam Supardi, M.Si., Ph.D.
Keywords : Guided inquiry model, science process skill
This research studies to produce a guided inquiry learning package to facilitate the scientific learning process of senior high school students on optical geometric optics, which is valid, practical and effective. This research is a development research with a 4-D model, i.e define, design, develop and dissemination which are probihited in class XI IPA SMAN 1 Welak in the even semester 2019/2020 using one group research design pre-test post-test design. Data collection methods use validation, observation, tests, and questionnaires. The results of the analysis of research data show the developed learning material are very valid, learning process is implemented very well, students become active in learning. The affective aspect of student learning scores was very good. The classical completeness of cognitive product, scientific process skills, and the psychomotor aspects are 100%. Cognitive learning of improvement products in the first trial with an N-gain score of 0.79 in the high category and in the second trial obtained an N-gain score of 0.90, while the increase in learning of science process skills is shown by the N-gain score of 0.90 with the high category in the first trial and an N-gain score of 0.95 in the second trial with the high category. Based on the results showing the developed materials are valid, practice and effective to facilitate students scientific process skills.