Kalimat Deklaratif dalam Iklan McDonald
Declarative Sentence in McDonald Advertisement
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kalimat deklaratif pada iklanMcDonald dengan fokus kajian berupa konsep dari kalimat deklaratif serta konstruksi kalimat deklaratifyang netral maupun emosional menurut kajian stilistika sintaksis. Metode penelitian yang digunakanadalah metode kualitatif dengan teori dari Sowinski, Schmid, Welke, dan Duden. Objek yang ditelitiberupa 6 kalimat dalam iklan McDonald dengan jenis kalimat deklaratif yang ditemukan pada akunInstagram resmi McDonald negara Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gatra depan(Vorfeld) dalam kalimat deklaratif yang berkonstruksi netral diisi oleh konstituen yang memiliki fungsisebagai subjek, sedangkan pada gatra depan (Vorfeld) dalam kalimat deklaratif yang berkonstruksiemosional cenderung diisi oleh konstituen-konstituen selain subjek, yaitu objek dan adverbia.
The purpose of this research is to describe declarative sentence forms in McDonald's advertisements with afocus on the study of the concept of declarative sentences and neutral and emotional declarative sentenceconstructions according to the study of syntactic stylistics. The research method used is a qualitativemethod with the theory of Sowinski, Schmid, Welke, and Duden. The object studied was 6 sentences inMcDonald's advertisements with declarative sentence types found on the official McDonald's Instagramaccount in Germany. The results showed that in the front line (Vorfeld) in the declarative sentence withneutral construction, it was filled with constituents that had a function as the subject, while in the front line(Vorfeld) in the declarative sentence which had emotional construction tended to be filled by constituentsother than the subject, namely the object and adverb.