Pengembangan Media Ular Tangga I Can Do It Dalam Game Based Learning Untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar
Development Of Media Snakes And Ladders I Can Do It In Game Based Learning To Improve The Social Behavior Of Class IV Students In Primary School
Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Sekolah Dasar diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan perilaku sosial siswa khususnya sikap saling menghormati dan bekerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan ular tangga berbasis game based learning yang dinamakan I Can Do It guna meningkatkan perilaku sosial siswa kelas IV di sekolah dasar. Media ini dirancang sebagai alat pembelajaran interaktif yang menyenangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan bekerja sama, berkomunikasi, dan menghormati sesama dalam lingkungan pembelajaran.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba dilakukan pada kelas IV berjumlah 20 siswa di SDN Kramatjegu 1 Taman dengan menggunakan metode observasi, angket, dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang efektivitas media dalam meningkatkan perilaku sosial siswa khususnya saling menghormati dan bekerja sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga I Can Do It efektif dalam meningkatkan perilaku sosial siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan bekerja sama yaitu berinteraksi secara positif, menyelesaikan konflik secara konstruktif, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelompok, serta saling menghormati sesama teman baik regular maupun ABK. Media ini juga mendapat respons positif dari siswa dan guru, dengan skor validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian, pentingnya penggunaan media ular tangga I Can Do It merupakan inovasi yang relevan dan aplikatif untuk mendukung peningkatan perilaku sosial siswa di Sekolah Dasar.
When learning natural and social sciences in elementary schools, learning media are needed that can improve students' social behavior, especially mutual respect and cooperation. This study aims to develop learning media in the form of a snakes and ladders game based on game-based learning called I Can Do It to improve the social behaviour of fourth-grade students in elementary schools. This media is designed as a fun interactive learning tool to help students develop their ability to work together, communicate, and respect each other in a learning environment.This study uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. The trial was conducted on 20 fourth-grade students using observation, questionnaire, and interview methods to collect data on the effectiveness of the media in improving students' social behaviour, especially mutual respect and cooperation. The results of the study showed that the snakes and ladders media I Can Do It is effective in improving students' social behaviour, which is indicated by an increase in the ability to work together, namely interacting positively, resolving conflicts constructively, and actively participating in group activities, as well as respecting fellow friends, both regular and special need student. This media also received a positive response from students and teachers, with validation scores from media experts and material experts showing a very feasible category for use in learning. Thus, importance of use the snakes and ladders media I Can Do It is a relevant and applicable innovation to support improving students' social behavior in elementary schools.