KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN SAWAHAN IV SURABAYA
TEACHER LEARNING LEADERSHIP IN IMPLEMENTING INDEPENDENT CURRICULUM AT SDN SAWAHAN IV SURABAYA
Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh isi pendidikan atau kurikulum pendidikan. Fleksibel dan kontemporer merupakan sifat kurikulum pendidikan. Begitu pula penerapan kurikulum di Indonesia yang selalu berubah-ubah bersamaan dengan dinamika perubahan sosial dan tatanan sosial politik Indonesia. Selain itu, perkembangan zaman dan teknologi di sebuah negara juga mempengaruhi perubahan kurikulumnya. Indonesia berupaya melakukan transformasi kurikulum untuk menyesuaikannya dengan perkembangan zaman, sosial, dan teknologi di Indonesia dengan menerapkan kurikulum baru bernama kurikulum merdeka. Sesuai dengan adanya perubahan penerapan kurikulum baru di Indonesia, SDN Sawahan IV Surabaya juga menerapkan kurikulum merdeka di satuan pendidikannya pada kelas 1 dan kelas. Penerapan kurikulum merdeka di sekolah tersebut tidak terlepas dari adanya kepemimpinan pembelajaran oleh guru sehingga peneliti mengambil judul penelitian Kepemimpinan Pembelajaran Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sawahan IV Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kepemimpinan pembelajaran yang dilakukan guru dalam merencanakan, melaksanakan, hingga mengevaluasi pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka. Peneliti telah melaksanakan penelitian secara kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara telah dilakukan bersama kepala sekolah, seluruh guru kelas 1 dan kelas 4, serta perwakilan orang tua wali peserta didik. Observasi dilakukan secara daring melalui google meeting pada kegiatan perencanaan pembelajaran dan secara langsung diseluruh ruangan kelas 1 dan kelas 4 , serta pada lingkungan sekitar sekolah yang digunakan untuk menerapkan pembelajaran diluar ruangan. Studi dokumentasi juga telah dilakukan dengan mengamati beberapa dokumen yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru terbukti kompeten dan professional dalam memimpin pembelajaran pada rombel yang dimpimpin.
The quality of education is influenced by the content of education or the educational curriculum. Flexible and contemporary is the nature of the educational curriculum. Likewise, the implementation of the curriculum in Indonesia is always changing along with the dynamics of social change and Indonesia's socio-political order. In addition, the times and technology developments in a country also affect curriculum changes. Indonesia is trying to transform the curriculum to adapt it to the times, social and technological developments in Indonesia by implementing a new curriculum called the independent curriculum. In accordance with changes in the implementation of the new curriculum in Indonesia, SDN Sawahan IV Surabaya also applies the independent curriculum in its educational units in grade 1 and grades. The implementation of the independent curriculum in these schools is inseparable from the existence of learning leadership by the teacher so that the researchers took the research title Teacher Learning Leadership in the Implementation of the Independent Curriculum at SDN Sawahan IV Surabaya. This study aims to determine the forms of learning leadership carried out by teachers in planning, implementing, and evaluating learning using an independent curriculum. Researchers have carried out qualitative research using interview techniques, observation, and documentation studies. Interviews were conducted with the school principal, all grade 1 and grade 4 teachers, as well as representatives of the parents' guardians of the students. Observations were made online through Google meetings in learning planning activities and directly in all class 1 and class 4 rooms, as well as in the environment around the school which is used to implement outdoor learning. Documentation studies have also been carried out by observing several documents related to lesson planning, implementation of learning, and evaluation of learning by teachers. The results of this study indicate that the teacher proved to be competent and professional in leading the learning in the group being led.