Kata-kata Kunci: LKPD, REACT,
Keterampilan Berpikir Kritis
Tujuan
penelitian ini mengembangkan LKPD strategi REACT yang layak untuk mendukung
pembelajaran fisika materi keseimbangan untuk melatihkan keterampilan berpikir
kritis peserta didik SMA ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Penelitian
ini menggunakan model ADDIE (analysis,
design, development, implementation
dan evaluation). Desain uji coba yang digunakan one group pre-test post-test design. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan diuji coba pada 100 peserta didik di SMA Negeri 2 Surabaya. Metode
pengumpulan data yang digunakan angket, observasi dan tes. Teknik Analisis data
menggunakan percentage of agreement,
N-gain, uji Saphiro-Wilk, uji Wilcoxon Signed Rank Test, uji T
berpasangan, uji Kruskal-Wallis dan uji
Post Hoc (Mann Whitney).
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa LKPD strategi REACT telah layak (valid, praktis,
dan efektif) digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Valid, ditinjau dari validitas silabus sebesar 90,6%, validitas RPP sebesar
91,3%, validitas handout sebesar
88,4%, validitas LKPD sebesar 86,3%, dan validitas soal berpikir kritis sebesar
84,1%. Praktis, ditinjau dari penilaian keterlaksanaan pembelajaran memiliki
kategori sangat baik, aktivitas peserta didik berkategori sangat baik, kendala pembelajaran
dapat diatasi. Efektif, ditinjau dari tes keterampilan
berpikir kritis dalam kategori sangat efektif. Skor keterampilan berpikir
kritis peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran LKPD
dengan strategi REACT. Ketiga kelas memberikan respon
positif terhadap pembelajaran dengan LKPD dengan strategi REACT.
Oleh sebab itu, LKPD strategi REACT dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran
yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir
kritis peserta didik.