ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan imagery dan self talk terhadap percaya diri dan konsentrasi pada siswa ekstrakurikuler bolavoli. 18 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli akan dilakukan pretest untuk menentukan pembagian kelompok imagery, self talk atau kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian ini menggunakan matching only design.Pada penelitian ini akan digunakan instrumen tes, yaitu state sport confidence inventory test untuk mengukur tingkat percaya diri dan grid concentration exercise test untuk mengukur tingkat konsentrasi. siswa akan diberikan treatment selama 2 minggu untuk masing-masing kelompok dan 4 kali pertemuan dalam satu minggu. Hasil uji t pada metode latihan imagery signifikan terhadap peningkatan percaya diri sig 0,000<0,05, dan terhadap konsentrasi sig 0,000<0,05. Hasil uji t pada metode latihan self talk signifikan terhadap peningkatan percaya diri 0,001<0,05 dan peningkatan terhadap konsentrasi 0,003<0,05. Sedangkan pada kelompok kontrol baik variabel percaya diri maupun konsentrasi tidak ada perbedaan yang singnifikan. Dari hasil analisis uji t dapat disimpulkan bahwa latihan imagery lebih efektif digunakan untuk meningkatkan percaya diri dan konsentrasi.
Kata Kunci :konsentrasi, percaya diri, self talk, latihan imagery
ABSTRACT
The purpose of this research is to effect of imagery and self talk exercises on self-confidence and concentration on students extracurricular vollyball. Eighteen students selected accordance criteria will be pretested to determine division of a group imagery, self talk or the control group. The type of research used in this study is quantitative with matching only design methods. The design of this study using matching only desaign. In this research will be used test instruments, state sport confidence inventorytest to measure the confidence level and grid concentration exercise test to measure the concentration level. Student will be given exercise for 2 weeks of training for each group and treatment 4 times a week. The results of uji t on the imagery training method were significant to an increase in sig confidence 0.000<0.05, and in sig concentration of 0.000<0.05. The results of uji t on the self talk exercise method were significant to increase in confidence 0.001<0.05 and the concretization of the concentration was 0.003<0.05. Where as in groups of variables that are both self and concentration there are no significant differences. From the analysis uji t test can be concluded that the imagery training more effectively used to improve the confidence and concentration.
Keywords :self confidence, concentration, self talk, imagery training