Penelitian ini berupa pengembangan media permainan Inventory Valuation Game (Invention) yang berbasis komputer sebagai media untuk program pengayaan dengan muatan materi penilaian persediaan untuk siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Model penelitian yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) oleh S. Thiagarajan. Penelitian ini juga melibatkan dari ahli materi dan ahli media sebagai validator yang akan memberikan penilaian tentang media permainan Inventory Valuation Game ini. Berikut merupakan hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi sebesar 84.2% dengan kriteria Sangat Layak sedangkan ahli media memberikan hasil penilaian sebesar 82.3% dengan kriteria Sangat Layak. Proses uji coba media permainan ini dilakukan pada siswa kelas XII-AK 1 dari SMK Negeri 10 Surabaya sebanyak 20 siswa. Dari hasil uji coba terbatas yang telah dilaksanakan diperoleh hasil respon siswa dengan persentase 92.3% dengan kriteria Sangat Baik.
Kata Kunci: Inventory Valuation Game, media pengayaan penialaian persediaan .
This research is in the form of the development of a computer-based media game Inventory Valuation Game (Invention) as a medium for enrichment programs with the content of inventory assessment material for students of class XI Accounting of SMK Negeri 10 Surabaya. The research model used was 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) by S. Thiagarajan. This research also involves material experts and media experts as validators who will provide an assessment of the media game Inventory Valuation game. The following is the result of the assessment given by the material expert at 84.2% with the criteria Very Worthy while the media expert gave an assessment result of 82.3% with the criteria Very Worthy. The process of testing the game media was carried out on students of class XII-AK 1 from SMK Negeri 10 Surabaya as many as 20 students. From the results of limited trials that have been carried out the results of the responses of students with a percentage of 92.3% with the criteria Very Good were obtained.
Keywords: Inventory Valuation Game, media enrichment inventory valuation