Penelitian ini bertujuan untuk
membuat media pembelajaran trainer dan jobsheet yang layak digunakan, pada mata
pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik di SMKN 1 Sidoarjo. Kelayakan
media pembelajaran trainer dan jobsheet ditinjau dari tingkat hasil
kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and
development (R&D), dengan rancangan penelitian yang digunakan
berbentuk One Group Pretest – Postest Design . Untuk subjek penelitian ini menggunakan simple random sampling ,
subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas XI TITL 2 di
SMKN 1 Sidoarjo. Dari hasil validasi trainer
diperoleh rata-rata 85,00%, hasil validasi jobsheet diperoleh rata-rata 86,07%,
hasil validasi rencana perencanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 88,28%,
dari hasil kepraktisan diperoleh dari analisis hasil respon guru rata-rata 86,30%, dari
analisis hasil respon perserta didik rata-rata 86,65% . Dari hasil perolehan data Pretest menunjukan
rata-rata hasil belajar 65,00, sedangkan perolehan data posttest menunjukan
rata-rata 85,00. Berdasarkan analisis paired sample t-test diperoleh
nilai thitung sebesar 11,027 dan df 19 dengan taraf signifikan
sebesar 0,000. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 2,093 dengan
taraf signifikan 0,05. Dari hasil perhitungan uji p aired s amplet t-t est tersebut diperoleh (-2 tailed ) 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa
nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05.
Untuk hasil thitung sebesar
(11,027) sedangkan ttabel sebesar 2,093 dengan df = 19. Sehingga dengan demikian H0 ditolak
dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
trainer dikategorikan sangat layak digunakan dan terdapat pengaruh hasil
belajar peserta didik pada kelas XI TITL 2. Penelitian ini dapat menjadi
masukan guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan trainer
dan jobsheet pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Negeri 1
Sidoarjo.
Kata Kunci: Trainer, NodeMCU
ESP32 , R&D , Media Pembelajaran.