Dampak Video Youtube Kinderflix Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 2-3 Tahun
The Impact of Kinderflix Youtube Videos on the Speaking Skills of 2-3 Year Old Children
Keterampilan berbicara merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Melalui bahasa anak dapat mengekspresikan diri dan mengungkapkan apa yang ada di dalam pikirannya. Dengan adanya teknologi serta pemberian screen time untuk anak secara tidak langsung akan berdampak terhadap pemerolehan bahasa dan keterampilan berbicara untuk anak-anak yang baru belajar bicara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana dampak video youtube Kinderflix terhadap keterampilan berbicara anak usia 2-3 tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu anak-anak yang berusia 2-3 tahun dari TPA Bunga Mulia Al Falah Kediri. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara terhadap orang tua subjek, dan dokumentasi. Metode interaktif oleh Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video youtube Kinderflix memberikan dampak positif terhadap keterampilan berbicara anak usia 2-3 tahun, yaitu meliputi peningkatan dalam perbendaharaan kosakata, meningkatkan kemampuan anak dalam memahami kata perintah, meningkatkan kelancaran berbicara anak, menstimulasi kemampuan anak untuk mengungkapkan sebuah kalimat yang terdiri dari 3-4 kata. Dampak dari tayangan video Kinderflix yang diberikan kepada anak-anak tidak selalu muncul saat anak-anak menyaksikan video Kinderflix, melainkan bisa juga setelah anak-anak selesai menyaksikan video tersebut.
Kata Kunci: Keterampilan berbicara, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Kinderflix
Speaking skills are very important to develop from an early age. Through language children can express themselves and express what is in their minds. The existence of technology and the provision of screen time for children will indirectly have an impact on language acquisition and speaking skills for children who are just learning to speak. The purpose of this research is to find out how the impact of kinderflix Youtube videos on the speaking skills of children aged 2-3 years. This research used descriptive qualitative method. The subjects in this study were 2-3 years old children from Daycare Bunga Mulia Al Falah Kediri. The data collection methods used include observation, interviews with subject parents, and documentation. The interactive method by Miles and Huberman was used to analyze the data in this study. The results showed that kinderflix Youtube videos have a positive impact on the speaking skills of children aged 2-3 years, which includes an increase in vocabulary, improving children's ability to understand command words, increasing children's speaking fluency, stimulating children's ability to express a sentence consisting of 3-4 words. The impact of kinderflix video shows given to children does not always appear when children watch Kinderflix videos, but it can also be after the children have finished watching the video.
Keywords: Speaking skills, Language Development, Early Childhood, Kinderflix