Perancangan Visual Identity UMKM Adiba Creation Sidoarjo
Visual Identity Design of UMKM Adiba Creation Sidoarjo
UMKM berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dimana UMKM berkontribusi menyumbang PDB Indonesia hingga 68%. Dengan bertumbuh dan berkembangnya sektor ekonomi mengakibatkan persaingan dagang di industri ekonomi makin ketat. Adiba Creation adalah UMKM yang bergerak di bidang konveksi busana. UMKM ini sudah berdiri pada tahun 2002 namun identitas dari brand yang dikenakan tidak konsisten. Ketidak konsistenan terhadap identitas sebuah brand dapat membingungkann audience untuk mengenali sebuah brand.
Perancangan ini mengunakan metode analisis Exissting dimana metode ini mengkaji ulang objek identitas visual yang sebelumnya sudah ada, dan menyusun kembali teori-teori yang sesuai dengan identitas UMKM yang akan digunakan. Perancangan karya dimulai dari tahapan seketsa di kertas dengan mengambil konsep yang sebelumnya telah dirancang. Setalah tahapan seketsa lanjut ke tahapan thumbnail yang dimana sketsa kasar dianjutkan menjadi bentuk digital, selanjutnya masuk ketahap tight thissue yang dimana logo dipilih menjadi 3 alternatif, dan masuk ke tahap final karya.
Proses perancangan dimulai dari konsep desain yang diambil dari nama UMKM yaitu Adiba Creation. Makna kata dari Adiba yaitu indah dan sopan, lalu Creation yang artinya kreasi dan kreativitas. Selain nama terdapat unsur lain seperti visi, misi perusahaan, serta bidang usaha yang dijalankan. Pada tahap visualisasi logo Makna Kata Adiba akan di implementasikan pada visual sebuah bungga, lalu visi dan misi UMKM akan di implementasikan menjadi ikon sebuah bintang, bidang usaha akan di implementasikan kedalam ikon kancing baju, serta terdapat mmotif huruf “A” dalam ikon bunga sebagai perwakilan nama dari brand.
Hasil dari perancangan visual identity berupa logo yang sesuai dengan konsep dan identitas dari UMKM Adiba Creation. Dimana logo akan diterapkan di beberapa media seperti stationary, label baju, nota, stample, signboard, shoppingbag, X-banner, dan hanger baju.
UMKM play an important role in economic growth in Indonesia, where UMKM contribute to Indonesia's GDP up to 68%. Adiba Creation is an MSME engaged in fashion convection.
With the growth and development of the economic sector, trade competition in the economic industry is getting tighter. This MSME was established in 2002 but the identity of the brand worn is inconsistent. Inconsistency in the identity of a brand can confuse the audience to recognize a brand.
This design uses the Exissting analysis method where this method reviews the visual identity objects that previously existed, and rearranges the theories that are in accordance with the identity of the UMKM that will be used. The design of the work starts from the sketch stage on paper by taking the concept that was previously designed. After the sketch stage, it continues to the thumbnail stage where the rough sketch is continued into a digital form, then enters the tight thissue stage where the logo is selected into 3 alternatives, and enters the final stage of the work.
The design process begins with a design concept taken from the name of the UMKM, namely Adiba Creation. The meaning of the word Adiba is beautiful and polite, then Creation which means creation and creativity. In addition to the name, there are other elements such as the vision, mission of the company, and the field of business being run. At the logo visualization stage, the meaning of the word Adiba will be implemented in the visual of a flower, then the vision and mission of MSMEs will be implemented into a star icon, the business field will be implemented into a button icon, and there is a motif of the letter "A" in the flower icon as a representative of the brand name.
The result of the visual identity design is a logo that is in accordance with the concept and identity of Adiba Creation UMKM. Where the logo will be applied in several media such as stationary, shirt labels, notes, stamps, signboards, shopping bags, X-banners, and clothes hangers.