Dalam proses pembelajaran Fisika seringkali seorang guru menemukan ketidaksesuaian antara pengetahuan awal yang telah dimiliki peserta didik tentang konsep Fisika (prakonsepsi) dengan apa yang diajarkan oleh guru itu. Sebagai contoh, pada materi Alat Optik peserta didik menganggap bahwa benda berwarna putih dapat memancarkan cahaya sehingga benda tersebut dapat terlihat oleh mata meskipun benda tersebut diletakkan pada ruangan yang gelap. Sementara itu, menurut konsep Fisika suatu benda baru dapat terlihat oleh mata apabila terdapat cahaya yang mengenai permukaan benda dan cahaya tersebut dipantulkan kembali oleh benda ke segala arah. Apabila pantulan cahaya tersebut mengenai mata maka benda tersebut dikatakan dapat terlihat. Ketidaksesuaian tersebut menyebabkan timbulnya miskonsepsi. Miskonsepsi harus dideteksi sejak dini agar tidak mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap konsep berikutnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) mengembangkan instrumen miskonsepsi berformat four- tier pada materi alat optik, (2) menggunakan instrumen tersebut untuk memotret miskonsepsi dari 30 orang peserta didik kelas XII MIA 8 di SMA Negeri Cerme Gresik dan menganalisis penyebabnya ditinjau dari diri peserta didik itu sendiri. Uji kelayakan instrumen diperoleh dari hasil validasi yang dilakukan oleh dua orang Dosen validator dan tes validitas dan reliabilitas yang dilakukan oleh 60 orang peserta didik lainnya. Dari 18 butir soal tes diagnostik tersebut diperoleh hasil bahwa miskonsepsi tertinggi ditemukan pada konsep Mata dan Kamera sebagai akibat dari prakonsepsi, pada konsep Lup sebagai akibat dari pemikiran asosiatif, dan konsep Mikroskop sebagai akibat dari pemikiran intuitif. Sementara itu, pada konsep Teropong hampir semua peserta didik telah memahami konsep tersebut dengan baik. Untuk penjelasan secara rinci diuraikan di dalam skripsi ini.
In the process of learning Physics, often a teacher finds a mismatches between the initial knowledge that students already have about the concept of Physics (preconceptions) and what is taught by the teacher. For example, on Optical Instrumen students’s assume that a white object can emit light so that the object can be seen by the eye even thougt the object is placed in a dark room. Meanwhile, In Physics an object can be seen by the eye when there is light that hits the surface of the object and the light is reflected back by the object in all directions. If the reflection of light is about the eye, so that the objects can be seen. This mismatch causes misconceptions. Misconceptions should be detected early so as not to affect students’ understood of the next concept. The purpose of this study was (1) develop a four-tier format misconception instrument in the Optical instrument, (2) use the instrument to photograph the misconceptions of thirty student’s eight Science classes, 12th grade in Senior High School 1 Cerme Gresik and analyzed the causes of students. The feasibility test of the instrument was obtained from the result of validation carried out by two validator lecturers and validaty and reliability was being test to 60 other students. From the 18 items of the diagnostic test, the highest misconception was found in the concept of Eye and Camera as a result op preconceptions, in the Lup concept as a result of assosiative thinking, and the concept of Microscope as a result of intuitive thinking. Meanwhile, in the Binocular concept almost all students have understood the concept well. For the detailed explanation will be describe in this thesis.