THE DEVELOPMENT OF BLOG-BASED E-LEARNING
LEARNING MEDIA ON HAND SPA TREATMENT MATERIAL
SKIN AND HAIR BEAUTY SYSTEM AT SMK PGRI WLINGI
Riset ini membahas masalah rendahnya pengetahuan siswa tata kecantikan kulit dan rambut mengenai perawatan hand-spa di SMK PGRI Wlingi. Untuk meningkatkan pembelajaran, media pembelajaran yang inovatif dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, mengamati peningkatan hasil belajar siswa, dan mengukur respon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini melibatkan 40 siswa tata kecantikan kulit dan rambut di SMK PGRI Wlingi. Penelitian ini menggunakan lembar validasi, penilaian pretest dan posttest, dan lembar respon siswa sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran situs blog yang dikembangkan telah divalidasi oleh para ahli dan dinyatakan valid serta layak digunakan dengan skor 4,20 dengan kategori "sangat baik". Tanggapan siswa juga positif, dengan 100% dalam kategori "sangat baik". Hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan, dengan nilai score sebesar 0,72 atau 72%. Analisis statistik mengkonfirmasi signifikansi peningkatan ini. Kesimpulannya, media yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Blog, Handspa Treatment
This research addresses the issue of low knowledge among skin and hair beauty students regarding hand-spa treatment at SMK PGRI Wlingi. In order to improve learning, innovative learning media was developed. The objective of the research was to produce valid learning media, observe improvements in student learning outcomes, and gauge student responses. The research followed a quantitative approach based on research and development, using the 4D development model. The study involved 40 skin and hair beauty students at SMK PGRI Wlingi. The research employed validation sheets, pretest and posttest assessments, and student response sheets as instruments. The results revealed that the blog site learning media developed had been validated by experts and declared as valid and suitable for use with a score of 4.20 in the "very good" category. Student responses were also positive, with 100% in the "very good" category. The pretest and posttest results demonstrated improvement, with a gain score of 0.72 or 72%. The statistical analysis confirmed the significance of this improvement. In conclusion, the developed media proved to be effective in enhancing student learning outcomes.
Keywords: Development, Media, Blog, Handspa Treatment