A B S T R A K
Wagino, 2018. Pengembangan Bahan ajar Compact Disk Pembelajaran Interaktif (CDPI) untuk Meningkatkan Kesadaran Fonemik Siswa Tunarungu di SLB/B Karya Mulia Surabaya. Disertasi Program Studi Teknologi Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.
Promotor I: Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd., Promotor II: Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd.
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan: (1) bahan ajar CDPI yang layak untuk meningkatkan kesadaran fonemik siswa tunarungu dalam pembelajaran PKPBI di SLB/B. (2) bahan ajar CDPI yang efektif untuk meningkatkan kesadaran fonemik siswa tunarungu dalam pembelajaran PKPBI SLB/B. Subyek penelitian adalah 14 siswa tuna rungu.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian dan Pengembangan, secara operasional penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu (1) tahap awal, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap pengujian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner dan tes kesadaran fonemik. Analisis data dilakukan dengan tes tanda menggunakan SPSS Versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahan ajar CDPI layak digunakan sebagai media untuk pembelajaran PKPBI dalam meningkatkan kesadaran fonemik siswa tunarungu di SLB/B Karya Mulia Surabaya; hal ini sebagaimana ditunjukkan dengan hasil penilaian para ahli serta hasil uji kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik. (2) nilai rata-rata peningkatan kesadasaran fonemik sebesar 7,50 dan uji Wilcoxon Signed Ranks yang dilakukan diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 atau signifikansi <0,05 (0,001 <0,05), yang berarti bahwa dari hasil Tanda Analisis tes ada perbedaan yang signifikan dalam kelompok pretest dan posttest sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar CDPI yang telah dikembangkan efektif untuk meningkatkan kesadaran fonemik.
Kata Kunci: Siswa Tunarungu, Kesadaran Fonemik, Bahan Ajar, CDPI.
ABSTRACT
Wagino, 2018. Development of Teaching Materials Based on Interactive Learning Compact Discs (CDPI) to Increase Phonemic Awareness of Deaf Students in SLB / B Karya Mulia Surabaya. Dissertation of the Postgraduate Technology Study Program, Surabaya State University. Promoter I: Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd., Promoter II: Dr. Bachtiar Saiful Bachri, M.Pd.
The study aims to produce: (1) appropriate CDPI teaching materials to increase phonemic awareness of deaf students in PKPBI learning at SLB / B. (2) effective CDPI teaching materials to increase phonemic awareness of deaf students in PKPBI SLB / B learning.
The study subjects were 14 deaf students. This study uses in three stages, namely (1) the initial stage, (2) the development stage, (3) the testing phase. Data collection successfully used, questionnaires and phonemic awareness tests. Data analysis was carried out with a sign test using SPSS Version 24.
The results of the study show (1) CDPI-based teaching materials are worthy of being used as a medium for PKPBI learning in increasing phonemic awareness of deaf students at the SLB / B Karya Mulia Surabaya; this matter as indicated by the results of the experts' assessment and the results of the large group test are in very good qualification. (2) the average increase in phonemic awareness of 7.50 and the Wilcoxon Signed Ranks test performed obtained a Sig (2-tailed) value of 0.001 or significance <0.05 (0.001 <0.05), which means that from the results Signs Analysis of the test had significant differences in the pretest and posttest groups so it can be concluded that the CDPI-based teaching material that had been developed was effectively used in phonemic awareness learning.
Kata Kunci: Deaf Student, Phonemic Awareness, Instructional material, CDPI.