Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa tunanetra pada pelajaran Ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif, sedangkan pengambilan data menggunakan wawancara dengan empat siswa tunanetra di SMA Kertajaya Surabaya dengan wawancara secara langsung. Teknik pengambilan data menggunakan purposive dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khusus untuk siswa tunanetra, Guru Ekonomi memberikan media pembelajaran tambahan berupa file atau link video dari youtube yang dapat membantu mereka untuk memahami materi Ekonomi secara auditori. Kemudian untuk mengerjakan tugas Ekonomi, siswa tunanetra menggunakan media handphone. Guru Ekonomi memberikan media untuk mengumpulkan tugas khusus siswa tunanetra via aplikasi whatsapp. Pemberian tugas ataupun soal ujian akan dibacakan oleh guru kemudian peserta didik tunanetra tersebut mengerjakan di dokumen (bukan secara tertulis di kertas).
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Siswa Tunanetra, Pelajaran Ekonomi
This study aims to find out the learning difficulties of blind students in Economics lessons. This research method uses a qualitative descriptive type, while data collection uses interviews with four blind students at SMA Kertajaya Surabaya with direct interviews. Data collection techniques using purposive and snowball sampling. The results of the study show that especially for blind students, the Economics Teacher provides additional learning media in the form of files or video links from YouTube which can help them to understand Economics material auditory. Then to work on economics assignments, blind students use cell phone media. The Economics teacher provides media to collect special assignments for blind students via the WhatsApp application. Giving assignments or exam questions will be read out by the teacher then the blind students work on documents (not written on paper).
Keywords: Learning Difficulties, Blind Students, Economics Subject