PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN PJOK SISWA SMP LABSCHOOL UNESA 1
THE EFFECT OF SMALL GAMES ON INCREASING EMOTIONAL INTELLIGENCE IN STUDENTS EDUCATIONAL LEARNING JUNIOR HIGH SCHOOL LABSCHHOL UNESA 1
Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar seorang peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam pembelajaran terdapat tiga aspek penting, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor, sehingga dalam pembelajaran tidak hanya mengembangkan kognitif peserta didik yang merana pada ilmu pengetahuan peserta didik saja, namun juga pada afektif siswa yang menekan pada kecerdasan emosional peserta didik, juga keterampilan motorik peserta didik. Salah satu pembelajaran yang mengembangkan aspek afektif kecerdasan emosional siswa yaitu pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh penerapan permainan kecil dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Labschool Unesa 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, yaitu eksperimen semu dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMP Labschool Unesa 1 kelas VIII A.
Hasil dari melakukan pengambilan data pada saat penelitian ini dapat kita ketahui terdapat pengaruh dalam penerapan permainan kecil terhadap kecerdasan emosional siswa. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan peneliti menggunakan angket kecerdasan emosional mendapatkan hasil nilai pre-test sebesar 56,00 sedangkan hasil nilai post-test sebesar 60,04. Sesuai dengan hasil uji t (paired sample t-test) antara hasil skor angket kecerdasan emosional pre-test dan post-test hasil P-Value sebesar 0,00 dengan kesimpulan nilai a<(0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan aktivitas permainan kecil terhadap peningkatan kecerdasan emosional dalam pembelajaran PJOK siswa kelas VIII SMP Labschool Unesa 1, dengan peningkatan 10,83%.
Kata kunci : Pembelajaran, Permainan Kecil, Kecerdasan Emosional.
Education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that a student actively develops his or her potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble morals, and the skills needed by himself, society, nation and state. In learning there are three important aspects, namely the cognitive aspect, the affective aspect, and the psychomotor aspect, so that in learning it not only develops students' cognitive which is limited to students' knowledge alone but also students' affective which emphasizes students' emotional intelligence, as well as skills. students' motor skills. One of the lessons that develops the affective aspects of students' emotional intelligence is Physical Education, Sports and Health learning. The aim of this research is to determine the influence and magnitude of the application of small games in PJOK learning to improve the emotional intelligence of class VIII students at SMP Labschool Unesa 1. This research uses a quantitative approach with a type of experimental research, namely a quasi-experiment with a One Group Pretest-Posttest design. The sample from this research was students in class VIII A of SMP Labschool Unesa 1.
As a result of collecting data during this research, we can see that there is an influence in implementing small games on students' emotional intelligence. The results of the data analysis carried out by researchers using an emotional intelligence questionnaire obtained a pre-test score of 56.00 while the post-test score was 60.04. In accordance with the results of the t test (paired sample t-test) between the results of the pre-test and post-test emotional intelligence questionnaire scores, the P-Value results are 0.00 with the conclusion that the value is <(0.05), it can be concluded that Ha is accepted, so there is a significant influence of small game activities on increasing emotional intelligence in PJOK learning for class VIII students at SMP Labschool Unesa 1, with an increase of 10.83%.
Keywords : Learning, Little Games, Emotional Intelligence