IMPLEMENTASI GAME EDUKASI NUMBER KIDS PADA KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA SEPEKTRUM AUTIS
IMPLEMENTATION OF NUMBER KIDS EDUCATIONAL GAME ON ADDITION SKILL FOR STUDENTS WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER
Setiap siswa spektrum autis mempunyai karakteristik yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Salah satu karakteristik yang ada pada siswa spektrum autis dalam bidang kognitif yakni kesulitan dalam berfikir abstrak. Hal ini selaras dengan temuan di lapangan, seorang siswa spektrum autis mengalami kesulitan dalam berhitung penjumlahan 1-10. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi game edukasi Number Kids terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa spektrum autis. Metode eksperimental dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) melalui desain A-B digunakan. Subjek penelitian satu siswa spektrum autis yang berinisial KRR berjenis kelamin laki-laki dengan usia 7 tahun yang sedang duduk di sekolah dasar (SDLB). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik analisis data Percentage of Data Exceeding a Median Trend of the Baseline Level (PEM-T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi game edukasi Number Kids dapat meningkatkan hasil penilaian observasi kemampuan berhitung penjumlahan saat proses pengerjaan soal dari fase baseline ke fase intervensi dengan skor analisa PEM-T sebesar 100% pada kriteria “sangat efektif” atau “very efektif”. Dan implementasi game edukasi Number Kids dapat meningkatkan penilaian hasil belajar berhitung penjumlahan dari fase baseline ke fase intervensi dengan skor analisa PEM-T sebesar 100% pada kriteria “sangat efektif” atau “very efektif”.
Kata Kunci: Number Kids, Berhitung Penjumlahan, Autis.
Each student with Autism Spectrum Disorder (ASD) exhibits unique characteristics. One cognitive characteristic of students with ASD is difficulty in abstract thinking. This is consistent with field observations, where a student with ASD experiences challenges in addition calculations from 1 to 10. In line with this, this study aims to analyze the implementation of the Number Kids educational game on the addition skills of students with ASD. The experimental method employed in this study is Single Subject Research (SSR) using an A-B design. The research subject is a male student with ASD, identified as KRR, aged 7, currently enrolled in a primary school for students with special needs. Data collection techniques include observation and analysis using the Percentage of Data Exceeding a Median Trend of the Baseline Level (PEM-T). The findings of this study demonstrate that the implementation of the Number Kids educational game enhances the observed performance in addition skills during problem-solving, with a PEM-T analysis score of 100%, indicating "highly effective" outcomes. Additionally, the implementation of the Number Kids educational game effectively improves the assessment of learning outcomes in addition skills, with a PEM-T analysis score of 100%, corresponding to "highly effective" outcomes.
Keywords: Number Kids, Addition Skills, Autism.