Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua, kelompok teman sebaya dan penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif siswa di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori atau penelitian penjelasan. Penelitian ini menggunakan instrumen angket. Data yang diperoleh dari hasil penelitian yang menggunakan uji t, uji F dan Koefisien Determinasi menunjukkan variabel status sosial ekonomi orang tua (X1) memiliki nilai t 2,927 > 2,028 dan signifikansi 0,006 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti secara parsial variabel status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif siswa SMPN 1 Sidoarjo. Variabel kelompok teman sebaya (X2) memiliki nilai t 0,723 < 2,028 dan signifikansi 0,474 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti secara parsial variabel Kelompok Teman Sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif siswa SMPN 1 Sidoarjo. Variabel penggunaan media sosial (X3) memiliki nilai t 2,083 > 2,028 dan signifikansi 0,044 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti secara parsial variabel penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif siswa SMPN 1 Sidoarjo. Hasil Uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 37,442 yang berarti nilai FHitung > FTabel (37,442 > 2,87) dan signifikansi mendapat nilai 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya variabel status sosial orang tua, kelompok teman sebaya dan penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa SMPN 1 Sidoarjo secara simultan. Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square (R2) yang menunjukkan nilai sebesar 0,737 dan jika dipersentasekan sejumlah 73,7%, sedangkan 26,3% lainnya berasal dari sumbangan pengaruh variabel atau faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua dan variabel penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif siswa SMP Negeri 1 Sidoarjo secara parsial, sedangkan variabel status sosial ekonomi orang tua, kelompok teman sebaya dan penggunaan media sosial berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif siswa.
This study aims to analyze the influence of the socio-economic status of parents, peer groups and the use of social media on the consumptive behavior of students in The State Junior High School 1 Sidoarjo. This research uses quantitative methods with the type of explanatory research. This study uses a questionnaire instrument. Data obtained from the results of research using the t-test, F-test and the Coefficient of Determination indicate the socio-economic status variable of parents (X1) has a t-value 2.927 > 2.028 and a significance of 0.006 < 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted, which means partial variable socio-economic status of parents has a significant effect on the consumer behavior variable of The State Junior High School 1 Sidoarjo students. The peer group variable (X2) has a t-value of 0.723 < 2.028 and a significance of 0.474 > 0.05, then Ho is accepted and Ha is rejected, which means that partially the Peer Group variable has no significant effect on the consumer behavior variable in The State Junior High School 1 Sidoarjo. The variable of use of social media (X3) has a t-value 2.083 > 2.028 and a significance of 0.044 < 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted, which means that partially the variable of social media use has a significant effect on the consumer behavior variable of The State Junior High School 1 Sidoarjo students. F-Test results show the value of F-count of 37.444, which means the value of Fcount > Ftable (37.444 > 2.87) and the significance gets a value of 0.000, which means less than 0.05, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means the social status variable of parents, peer groups and the use of social media have a significant effect on the consumer behavior in The State Junior High School 1 Sidoarjo students simultaneously. The results of the coefficient of determination show the value of Adjusted R Square (R2) which shows a value of 0.737 and if presented at several 73.7%, while the other 26.3% comes from the contribution of the influence of variables or other factors outside this study. Based on the results of the analysis of these data it can be concluded that the socio-economic status of parents variable and the use of social media variable have a significant effect on the consumer behavior variable in The State Junior High School 1 Sidoarjo partially, while the socio-economic status variables of parents, peer groups and use of social media influence simultaneous with the consumptive behavior of students.