KOMET-QR: KARTU EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA QUICK RESPONSE PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR
KOMET-QR: QUICK RESPONSE ETHNOMATHEMATICS EXPLORATION CARD ON PLANE GEOMETRY MATERIAL GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL
KOMET-QR, media pembelajaran inovatif yang berhasil memadukan Etnomatematika dan teknologi QR-Code. QR-Code, menghadirkan pengalaman interaktif dengan sumber daya digital. KOMET-QR tidak hanya berfokus pada pembelajaran di kelas, melainkan juga memfasilitasi pembelajaran berkelanjutan di luar jam pelajaran. Dengan interaktivitas, kontekstualitas, dan penghargaan terhadap kearifan lokal, KOMET-QR membuktikan sebagai solusi efektif dan bermakna dalam meningkatkan pemahaman Bangun Datar, menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan relevan bagi peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini secara komprehensif mengevaluasi kelayakan media KOMET-QR dalam pembelajaran materi Bangun Datar kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan media ini dalam berbagai aspek, mencakup kevalidan materi dan media, efektivitas, dan kepraktisan. Pertama, hasil validasi materi KOMET-QR mencapai skor 94%, kategori "Sangat Valid." Konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Bangun Datar diakui dengan baik. Kevalidan media KOMET-QR mencapai skor 97,33%, juga dengan kategori "Sangat Valid." Menunjukkan bahwa pendekatan visual konkret dan penggunaan teknologi QR-Code dalam media sangat tepat dan dapat memberikan pengalaman interaktif yang mendalam. Kedua, efektivitas media KOMET-QR sangat terlihat dari hasil postes yang menunjukkan peningkatan signifikan dari pretes. Skor efektivitas mencapai 98,31%, dengan kategori "Sangat Efektif," media ini memberikan dampak positif yang kuat pada pemahaman peserta didik terhadap materi. Ketiga, kepraktisan media KOMET-QR mencapai skor 96,95%, kategori "Sangat Praktis." Implementasi media ini dapat dilakukan dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Secara keseluruhan, KOMET-QR terbukti sebagai solusi inovatif dan efektif dalam mendukung pembelajaran Bangun Datar di kelas IV SD, dengan memberikan pengalaman interaktif, relevansi konten, dan keterlibatan peserta didik.
KOMET-QR, an innovative learning media that successfully combines ethnomathematics and QR-Code technology. QR-Code, provides an interactive experience with digital resources. KOMET-QR not only focuses on learning in class, but also facilitates continuous learning outside class hours. With interactivity, contextuality, and respect for local wisdom, KOMET-QR has proven to be an effective and meaningful solution in increasing understanding of Bangun Datar, providing fun and relevant learning for fourth grade elementary school students. This research comprehensively evaluates the suitability of the KOMET-QR media in learning Bangun Datar material for grade IV elementary school. The research results show the success of this media in various aspects, including the validity of the material and media, effectiveness and practicality. First, the validation results for the KOMET-QR material reached a score of 94%, in the "Very Valid" category. Content that is relevant and appropriate to Bangun Datar's learning needs is well recognized. The validity of the KOMET-QR media reached a score of 97.33%, also in the "Very Valid" category. Shows that the concrete visual approach and use of QR-Code technology in media is very appropriate and can provide an immersive interactive experience. Second, the effectiveness of the KOMET-QR media is very visible from the post-test results which show a significant increase from the pre-test. The effectiveness score reached 98.31%, with the category "Very Effective," this media has a strong positive impact on students' understanding of the material. Third, the practicality of KOMET-QR media reached a score of 96.95%, in the "Very Practical" category. Implementation of this media can be done easily and in accordance with learning needs in class IV elementary schools. Overall, KOMET-QR has proven to be an innovative and effective solution in supporting Bangun Datar learning in grade IV elementary school, by providing an interactive experience, content relevance and student involvement.