Bertambahnya pengguna internet setiap tahunnya, membuat aplikasi juga ikut berkembang, salah satunya adalah aplikasi pembayaran secara online yaitu Link Aja. Terdapat beberapa faktor yang berdampak minat memakai e-wallet di Aplikasi LinkAja, salah satunya yaitu faktor promosi juga Fitur layanan. Riset ini bertujuan guna Mengetahui Pengaruh Promosi dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Linkaja (Studi Kasus Di Surabaya). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskripti kuantitatif. Populasi pada riset ini ialah 100 responden masyarakat Surabaya yang memakai Link Aja, menggunakan metode pengambilan sampel memakai metode random sampling. Pengambilan data pada riset ini memakai Skala likert. Metode analisa data pada riset ini memakai regresi linier berganda. Hasil riset menyimpulkan jika promosi dan fitur layanan mempunyai dampak positif dan signifikan kepada minat memakai e-wallet Link Aja. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis R Square dengan nilai 72,2%. Hal tersebut berarti Variabel X1 (promosi) dan X2 (fitur layanan) secara simultan memiliki pengaruh pada variabel Y (minat menggunakan) sebesar 72,2% dan kurangnya (100% - 72,2% = 72,2%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci : minat menggunakan, promosi, fitur layanan
Increasing internet users every year, making applications also develop, one of which is an online payment application, namely Link Aja. There are several factors that have an impact on interest in using e-wallet at LinkAja, one of which is the promotion factor as well as service features. This research aims to determine the effect of promotions and service features on the interest in using the Linkaja E-Wallet (Case Study in Surabaya). This study uses a quantitative descriptive approach. The population in this study were 100 respondents from the Surabaya community who used Link Aja, using the sampling method using the random sampling method. Data collection in this research used a Likert scale. Methods Data analysis in this research uses multiple linear regression. The results of the study show that promotions and service features have a positive and significant impact on interest in using the Link Aja e-wallet. This is evidenced by the results of the R Square analysis with a value of 72.2%. This means that the variables X1 (promotion) and X2 (service features) simultaneously have an effect on the Y variable (interest in using) of 72.2% and the lack (100% - 72.2% = 72.2%) influenced by other variables outside of this study.
Keywords: interests in using, promotions, service features