PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE PREMIERE PADA MATERI PELURUSAN RAMBUT DI SMK NEGERI 6 SURABAYA
DEVELOPMENT OF TUTORIAL VIDEO-BASED LEARNING MEDIA USING APPLICATIONS ADOBE PREMIERE ON HAIR STRAIGHTENING MATERIAL AT SMK NEGERI 6 SURABAYA
Nama : Qatrin Nur Faizzah
NIM : 19050634055
Program Studi : S1. Pendidikan Tata Rias
Fakultas : Fakultas Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Biyan Yesi Wilujeng S.Pd., M.Pd
Media pembelajaran dalam proses belajar siswa memiliki peran penting. Kesesuaian dalam pemilihan media pembelajaran sangat diperlukan agar media dapat memudahkan dan memotivasi siswa dalam belajar. Pemilihan media pembelajaran berbasis video tutorial mampu membantu siswa dengan gaya belajar audio-visual. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui kualitas kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial dengan aplikasi adobe premiere pada materi pelurusan rambut di SMK Negeri 6 Surabaya.2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pelurusan rambut dengan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial dengan aplikasi adobe premiere pada materi pelurusan rambut di SMK Negeri 6 Surabaya. 3). Untuk mengetahui respon siswa terkait pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial dengan aplikasi adobe premiere pada materi pelurusan rambut di SMK Negeri 6 Surabaya.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Surabaya jurusan kecantikan kelas XI KC 2. Objek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi adobe premiere. Dan subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 6 Surabaya jurusan kecantikan kelas XI KC 2 yang sedang memperlajari materi yang pelurusan rambut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) Sugiyono yang memiliki 10 tahapan dan diadaptasi menjadi 8 tahapan. Tahap penelitian ini meliputi: (1) Potensi & masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba tahap 1, (7) Revisi desain, (8) Uji pemakaian. Data dikumpulkan menggunakan teknik Observasi, Tes, dan Angket.
Hasil penelitian media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi adobe premiere pada materi pelurusan rambut diperoleh sebagai berikut : 1). Kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi adobe premiere memperoleh total keseluruhan dari 3 aspek yaitu 88,92% dan dikategorikan “sangat layak” menurut kriteria presentase. 2). Tes hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi adobe premiere memperoleh nilai rata rata 80,32 dikategorikan tuntas . 3) Hasil respon siswa mencapai 97,04% dapat dikategorikan “sangat layak”. Kesimpulan : media pembelajaran berbasis video tutorial menggunakan aplikasi adobe premiere layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 6 Surabaya jurusan kecantikan kelas XI pada proses pembelajaran.
Kata Kunci :Media pembelajaran, Video Tutorial, Pelurusan rambut, Adobe Premiere.
Name : Qatrin Nur Faizzah
ID : 19050634055
Study Program : S1. Cosmetology Education
Faculty : Engineering
University : State University Of Surabaya
Preceptor : Biyan Yesi Wilujeng S.Pd., M.Pd.
Learning media in the student learning process has an important role. Appropriateness in the selection of learning media is needed so that the media can facilitate and motivate students in learning. The selection of video tutorial-based learning media is able to help students with an audio-visual learning style. This research aims to: 1). To determine the feasibility of video tutorial-based learning media with the Adobe Premiere application on hair straightening material at SMK Negeri 6 Surabaya. 2). To find out student learning outcomes on hair straightening material by developing video tutorial-based learning media with the Adobe Premiere application on hair straightening material at SMK Negeri 6 Surabaya. 3). To find out student responses regarding the development of video tutorial-based learning media with the Adobe Premiere application on hair straightening material at SMK Negeri 6 Surabaya.
This research was conducted at SMK Negeri 6 Surabaya majoring in beauty class XI KC 2. The object of this research is the development of video tutorial-based learning media using the Adobe Premiere application. And the subjects of this study were students of SMK Negeri 6 Surabaya majoring in beauty class XI KC 2 who were studying hair straightening material. This research is Sugiyono's R&D (Research and Development) development research which has 10 stages and adapted into 8 stages. This research phase includes: (1) Potential & problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Design validation, (5) Design revision, (6) Phase 1 trial, (7) Design revision, (8) Wear test. Data was collected using Observation, Test and Questionnaire techniques.
The results of video tutorial-based learning media research using the Adobe Premiere application on hair straightening material are obtained as follows: 1). The feasibility of tutorial-based learning media using the Adobe Premiere application obtained a total of 3 aspects, namely 88.92% and was categorized as "very feasible" according to the percentage criteria. 2). Student learning outcomes tests using video tutorial-based learning media using the Adobe Premiere application obtained an average score of 80.32 categorized as complete. 3) The results of student responses reached 97.04% which can be categorized as "very decent". Conclusion: learning media based on video tutorials using the Adobe Premiere application are suitable for use as learning media at SMK Negeri 6 Surabaya majoring in beauty class XI in the learning process.
Keywords :Learning media, Video Tutorials, Hair Straightening, Adobe Premiere