JARGON POS INDONESIA DI KANTOR POS SEMOLOWARU SURABAYA
JARGON OF POST INDONESIA AT SEMOLOWARU SURABAYA POST OFFICE
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi jargon Pos Indonesia di Kantor Pos Semolowaru Surabaya. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah tuturan dalam komunikasi yang dilakukan oleh petugas serta pelanggan yang menggunakan jasa di Kantor Pos Semolowaru Surabaya dengan data berupa ujaran penutur yang mengandung jargon. Penelitian ini menggunakan teori Ramlan untuk mengkaji bentuk jargon, untuk mengkaji makna menggunakan teori makna Chaer, sedangkan fungsi jargon dikaji menggunakan teori fungsi Halliday. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik berupa teknik simak libat cakap dan teknik rekam. Sedangkan data dianalisis menggunakan metode padan dan agih. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan proses pembentukan, bentuk jargon terbagi menjadi 3, yaitu kata dasar, afiksasi, dan abreviasi. Sedangkan berdasarkan asal istilah, jargon di Kantor Pos Semolowaru berasal dari 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Adapun makna pada jargon di Kantor Pos Semolowaru terbagi menjadi 3 jenis, yaitu makna leksikal, makna gramatikal, dan makna kontekstual. Fungsi jargon ditemukan sebanyak 6 fungsi diantaranya, fungsi instrumental, fungsi representasi, fungsi regulasi, fungsi interaksional, fungsi heuristik, serta fungsi personal.
This research aims to describe the form, meaning, and function of the jargon of Post Indonesia in Post Office Semolowaru Surabaya. The type of this study is descriptive qualitative. The data sources used in this study is speech in communication made by the officer and the customers who use the services at the Post Office Semolowaru Surabaya with data in the form of speech of a speaker that contains jargon. This study uses the Ramlan’s theory to assess the form of jargon, the Chaer’s theory to examine the purposes, and Halliday’s theory to assess the jargon function. Methods of data collection in this study using methods with uninvolved conversation observation technique and record technique. While the method of data analysis using distributional and identity method. Based of the result, there are 3 forms of jargon based on the process of formation, that are basic words, affixation, and abbreviation. Based on the origin of the term, jargon of Post Indonesia in Semolowaru Post Office is divided into 2 languages, from English and Indonesian language. There are a lot of meaning in the jargon at the Post Office Semolowaru, such the 3 meaning is lexical, grammatical, and contextual meaning. The function of the jargon was found as 6 functions, there are the function of the instrumental, regulatory functions, representation functions, the interactional function, the heuristic function, and the personal function.