Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Edmodo pada pembelajaran E-Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Jabon. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data ini menggunakan dengan cara teknik observasi dan tes. Teknik observasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang aktifitas guru dan peserta didik dalam pemanfaatan Edmodo. Tes digunakan untuk memperoleh data yang kuantitiatif tentang perangkat lunak pengolah angka pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas guru dan peserta didik dalam pemanfaatan Edmodo pada pembelajaran E-Learning pada subjek penelitian masing-masing 94% dan 89%. Dari hasil perhitungan uji t untuk peserta meteri perangkat lunak pengolah angka pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital pada subjek penelitian yang diperoleh sebesar 2,253. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Edmodo pada pembelajaran E-Learning pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini berpengaruh terhadap hasil besar peserta didik kelas X Multimedia pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Jabon. Hipotesis diterima bahwa Edmodo pada pembelajaran E-Learning dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Edmodo, E-Learning, Microblogging, Simulasi dan Komunikasi Digital
The research aims to know the effect of using Edmodo on E-learning process that is apllied on the results of the tenth grade of multimedia students in simulations and digital communications subjects in SMK Negeri 1 Jabon. The study uses quantitative approach. The date collection uses observational techniques and tests. The observation technique are used to get the data on the teacher and students activity the use of Edmodo. Furthermore, the tests are used to gain the quantiative data on numerals processing software in simulated and digital communication subject. The result of this study shows that teacher and students activity in using Edmodo that is applied on E-Learning process, as the subjects of the study are 94% and 89% respectively. From the t-test result, the students who follow numerals processing software on simulation and digital communication as the subject of the study is amounted 2,253. Furthermore, it can be concluded that the use of Edmodo on E-Learning process in simulation and digital communication can increase the students learning. Based on the result, the hypothesis of the study affects the large results of tenth grade of multimedia students on simulation and digital communicatoin in SMK Negeri 1 Jabon. The hypothesis is accepted because Edmodo in E-Learning process can influence the students learning.
Keywords: Edmodo, E-Learning, Microblogging, Simulasi dan Komunikasi Digital