Peran Orang Tua dalam Keterampilan Merawat Diri Remaja Spectrum Autism untuk Protokol Kesehatan
The Role of Parents in Self-Care Skills for Autistic Adolescents for Health Protocols
Masa pandemik virus Covid-19 saat ini, peran orang tua sangat penting untuk protokol kesehatan remaja autis. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peran orang tua dalam keterampilan merawat diri remaja autis untuk protokol kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan sumber data adalah orang tua, remaja spektrum autis, dan guru. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam keterampilan merawat diri remaja spectrum autism untuk protokol kesehatan yaitu; (1)mengajarkan memakai masker dan mencuci tangan dengan memberikan contoh, (2)membiasakan memakai masker dan mencuci tangan melalui cara memberikan pengertian dan pengulangan setiap hari, (3)mendisiplinkan memakai masker dan mencuci tangan mengingatkan secara rutin satu hingga dua kali, selebihnya diberi pengeritan bahwa saat ini sedang ada virus corona, dan (4)tidak ada kesulitan orang tua dalam menerapkan protokol kesehatan memakai masker dan mencuci tangan. Simpulan ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membelajarkan, membiasakan, dan mendisiplinkan remaja autis dalam merawat diri untuk protokol kesehatan sebagai modeling untuk masa pandemik sekarang.
During the current Covid-19 virus pandemic, the role of parents is very important for the health protocols for autistic adolescents. The purpose of this study was to describe the role of parents in self-care skills for autistic adolescents for health protocols. This study used the descriptive qualitative method. Data collection techniques through interviews and observations with data sources are parents, adolescents with autism spectrum, and teachers. The analysis used in this study includes data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed the role of parents in self-care skills for autism spectrum adolescents for health protocols, namely; (1) teach to wear masks and wash hands by example, (2) get used to wearing masks and washing hands by giving understanding and repeating every day, (3) disciplining wearing masks and washing hands regularly reminding one to two times, the rest is given the understanding that there is currently a coronavirus, and (4) there are no difficulties for parents in implementing health protocols by wearing masks and washing hands. This conclusion shows the role of parents in educating, familiarizing, and disciplining autistic adolescents in self-care for health protocols as a model for the current pandemic period.