Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi pelanggan terkait implementasi etika binis islam berdasarkan empat sifat mulia Rasulullah terhadap kepuasan pelanggan pengguna e-commerce. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 75 responden yang berasal dari pelanggan pengguna e-commerce. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika bisnis islam sebagai variabel x berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebagai variabel y. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 6,389 lebih besar dari t tabel yaitu 1,993. Adapun berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel etika bisnis memiliki pengaruh sebesar 35,9% terhadap variabel kepuasan pelanggan.
This research aims to examine the effect of customer perceptions regarding the implementation of Islamic business ethics based on the four noble qualities of the Prophet towards customer satisfaction of e-commerce users. This research was conducted using an associative quantitative approach. The number of samples used in this study to 75 respondents who came from e-commerce user customers. This study used a questionnaire that was measured using a Likert scale and analyzed using SPSS version 23.
The results of this research indicate that Islamic business ethics (X) has a positive and significant effect on customer satisfaction (Y). Based on the results of the t test show that the value of t count of 6.389 is greater than t table, which is 1.993. As for the test results of the coefficient of determination (R2) shows that the business ethics variable has an effect of 35.9% on the variable customer satisfaction.