Perancangan Video Promosi Pupuk Organik Kelompok Tani Ganifolia Kelurahan Gayungan Surabaya
Design of Promotional Video for Organic Fertilizer for Ganifolia Farmers Group, Gayungan Village, Surabaya
Pupuk organik Ganifolia memberikan banyak manfaat bagi tanaman dan lingkungan. Namun, penggunaannya kurang diketahui masyarakat di Kelurahan Gayungan, dikarenakan kurangnya media informasi yang efektif. Efektivitas informasi dapat ditingkatkan dengan media yang menarik bagi target audiens. Oleh karena itu, peran video promosi sangat penting sebagai media informasi, karena dapat menampilkan gambaran yang menarik dan informatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis dari Miles & Huberman, dan perancangannya menggunakan metode Design Thinking. Proses perancangan diawali dengan pengumpulan data primer dan sekunder melalui teknik observasi, wawancara, dan studi literatur. Perancangan video menggunakan pendekatan tema alami dengan format video horizontal 16:9, sesuai dengan karakteristik target audiens dan tren media saat ini. Hasil validasi dengan ahli materi dan media menunjukkan bahwa video promosi pupuk organik Ganifolia dinyatakan layak untuk ditayangkan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan ketertarikan masyarakat terhadap pupuk organik.
Organic fertilizer Ganifolia provides numerous benefits for plants and the environment. However, its use is not well known by the community in Kelurahan Gayungan due to the lack of effective information media. The effectiveness of information can be enhanced with media that engages the target audience. Therefore, the role of promotional videos is crucial as an information medium because it can present engaging and informative visuals. This research uses a descriptive qualitative method with analytical techniques from Miles & Huberman, and the design process employs the Design Thinking method. The design process begins with collecting primary and secondary data through observation, interviews, and literature studies. The video design uses a natural theme with a horizontal 16:9 format, tailored to the characteristics of the target audience and current media trends. Validation results from material and media experts indicate that the promotional video for organic fertilizer Ganifolia is suitable for broadcast and effective in increasing the community's understanding and interest in organic fertilizers.