Penalaran Adaptif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Balok di Sekolah Dasar
Adaptive Reasoning of Students in Solving Beam Problems in Elementary School
ABSTRAK
Isnafarinda Andriyani 2017. Penalaran Adaptif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Balok di Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. dan (II) Rooselyna Ekawati S.Si.,M Sc.,Ph.D.
Kata-kata kunci: penalaran adaptif, masalah balok, siswa sekolah dasar
Penalaran adaptif dan masalah matematika merupakan dua komponen yang saling bergantung. Penalaran adaptif meliputi aspek menjelaskan, membenarkan, dan merefleksi.
Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan masalah balok di sekolah dasar. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa masing-masing dengan kemampuan menyelesaikan masalah tinggi (ST), sedang (SS), dan rendah (SR). pemilihan subjek melalui tes kemampuan menyelesaikan masalah matematika (TKM). Pengambilan data penelitian melalui wawancara tidak terstruktur berbasis tugas. Kredibilitas data diperiksa melalui triangulasi waktu, dan kecukupan referensi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
kemampuan matematika tinggi (ST) siswa mampu mengumpulkan data kemudian mengidentifikasi komponen bangun balok, mampu memberikan bukti dan penjelasan serta memverifikasi apa yang telah dia peroleh. Menjelaskan dan membenarkan idenya secara verbal melalui gambar atas hubungan konsep yang terkait dengan situasi masalah. Membenarkan idenya secara analogi. Cenderung menggunakan konsep yang terkait dengan soal yang diselesaikan pada pengalaman sebelumnya. Membenarkan prosedur berdasarkan kesesuaian bentuk dan rumus.
Siswa dengan kemampuan matematika sedang (SS) siswa mampu memahami soal dengan membaca berulang hingga mampu menjelaskan serta memverifikasi temuannya. Menjelaskan melalui benda konkret dan membenarkan melalui gambar atas hubungan konsep yang terkait dengan situasi secara logis. Menjelaskan dan membenarkan secara logis melalui gambar dan benda konkret dengan memerhatikan unsur disekitarnya. Merefleksi konsep yang relevan sehingga menjelaskan prosedur sesuai konsep dan membenarkannya mengacu pada pemahamannya.
Siswa dengan kemampuan matematika rendah (SR) mampu memahami setelah melakukan trial and error, memahami dari banyak sumber data. Dari pengalaman dan sumber data yang diperoleh siswa, baru mampu memahami soal, mengonstruks kemudian menghubungkan dengan benda-benda disekitar, mengumpulkan informasi, sehingga mampu memberikan penjelasan tentang konsep dan memverifikasinya. Menjelaskan dan membenarkan hubungan hubungan konsep yang terkait dengan situasi masalah melalui benda konkret dan mengacu pada realita membentuk penyelesaian. Cenderung menggunakan konsep yang terkait dengan soal yang dipecahkan pada pengalaman sebelumnya. Membenarkan prosedur berdasarkan keyakinannya pada bentuk dan rumus
ABSTRACT
Isnafarinda Andriyani 2017. Adaptive Reasoning Students in Solving Problems Cuboid in Primary Students. Thesis, Primary Education Program, Postgraduate State University of Surabaya. Adviser: (I) Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. and (II) Rooselyna Ekawati S.Si.,M Sc.,Ph.D.
Keywords: adaptive reasoning, cuboid problems, primary students
Adaptive reasoning and mathematical problems are two interdependent components. Adaptive reasoning includes aspects of explaining, justifying, and reflecting.
This qualitative research aims to describe the adaptive reasoning of students in solving cuboid problems in primary students. The research subjects comprised three students, each with high, medium, and low problem-solving skills. Subject selection through tests of ability to solve math problems. Retrieval of research data through task-based unstructured interviews. Data credibility is checked through time triangulation and adequacy of references, Data analysis through the stages of data reduction, data presentation, concluding, and verification.
High mathematical ability students can collect data and identify the components of cuboid, able to provide evidence and explanations, and verify what he has got. Explain and justify the idea verbally through pictures of conceptual relationships related to problem situations. Then, Justify the idea by analogy, use concepts related to problems solved in previous experience. Justify the procedure based on the suitability of the formula.
Students with moderate mathematical ability can understand questions by repeat reading until they can explain and verify their findings. Explain through concrete objects and justification through drawings on the relationship of concepts related to the situation logically by paying attention to the surrounding elements. Reflect relevant concept so, that explains the procedure and justifies it according to his understanding.
Students with low mathematical ability can understand after doing trial and error, understanding from many data sources. From the experience and data sources by students, they can only understand the problems, construct and then connect with surrounding objects, gather information, so they can provide an explanation of the concept and verify it. Explain and justify the relationship of concepts related to the problem situation through concrete objects and refer to the reality forming the solution. Use concepts related to problems solved in previous experiences. Justify the procedure based on his belief in form and formula.