Terbatasnya buku mata pelajaran sebagai sumber belajar, kurang ketersediaan media pembelajaran serta masih diterapkannya metode konvensional pada pembelajaran menjadi penyebab kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TEI SMKN 1 Jabon Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media video yang dikembangkan dan ditujukan kepada peserta didik kelas X TEI di SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Kelayakan dari media pembelajaran ini diketahui dari penghitungan data berupa angket untuk para ahli serta angket untuk peserta didik. Sedangkan keefektifan media pembelajaran diketahui dengan melakukan penghitungan uji t yang datanya diperoleh dari pre-test dan post-test peserta didik. Hasil dari kegiatan validasi dan uji coba diperoleh hasil dengan kategori sangat baik dengan melakukan revisi sehingga media pembelajaran dapat dikatakan layak dalampembelajaran. Pada uji validitas butir soal dinyatakan valid dan uji reliabilitas dinyatakan reliabel. Data yang dianalisis bersifat homogen dan berdistribusi normal. Metode penghitungan data menggunakan rumus uji t menghasilkan > , (3,409 > 1,6688). Dari penghitungan data tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Simulasi dan Komunikasi Digital, Produksi Video
Limited textbooks as a source of learning, lack of participation in learning media and also the application of learning methods above lessons into learning motivation of students learning in Simulation and Digital Communication subjects. The subject of this study were students of class X TEI of SMKN 1 jabon Sidoarjo academic year 2018/2019. The development model used in the ADDIE development model.
This study aims to determine the feasibility and effectiveness of video media developed and aimed at students of class X TEI at SMK 1 Jabon Sidoarjo. The feasibility of learning media is known from the calculation of data in the form of questionnaires for experts and questionnaires for students. While the effectiveness of learning media is known by doing t-test calculations whose data is obtained from the pre-test and post-test of students. The results of the validation activities and trials try to obtain results with very good categories by making revisions so that the learning media can be said to be feasible in learning. In the validity test the item was declared valid and the reliability test was declared reliable. Data analyzed is homogeneous and normally distributed. The method of calculating data using the t test formula produces tcount> t table, (3,409> 1,668). From the calculation of the data shows that the development of effective media to be used in learning activities.
Keywords: Development, Videos Media for Learning, Simulation Digital and Comunication, Video Production